In-depth

Sporting Director Liverpool, Berjasa Besar dan Disayang Suporter

Rabu, 1 September 2021 16:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Liverpool FC
Sporting Director Liverpool, Michael Edwards (kiri). Copyright: © Liverpool FC
Sporting Director Liverpool, Michael Edwards (kiri).

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, sempat jadi buah bibir publik lantaran direktur olahraga mereka, Michael Edwards, terancam akan pergi.

Meski sepak terjangnya hanya berada di belakang layar, pria yang satu ini sudah berjasa besar untuk kebijakan-kebijakan transfer Liverpool selama ini.

Michael Edwards kerap melakukan sederet perjanjian dan kontrak, begitu pula urusan transfer, yang menguntungkan pihak klub baik secara finansial maupun teknis.

Tanpanya, mungkin sebagian besar pemain hebat di kubu The Reds saat ini tidak akan pernah eksis. Sontak saja, kabar akan perginya sang juru transfer pun membuat para penggemar dan suporter setia Liverpool resah.

Beberapa waktu belakangan, mereka bahkan menyuarakan kekhawatirannya lewat media sosial. Kebanyakan dari suporter-suporter tersebut menyayangkan apabila Michael Edwards benar-benar akan hengkang.

Pasalnya, ia telah berbuat banyak untuk klub lewat strategi-strategi transfernya, entah itu membeli amunisi baru dengan harga terjangkau namun punya dampak besar dari segi teknis, maupun melepas pemain yang kurang menjanjikan atau menguntungkan.

Kontrak Michael Edwards di Liverpool sendiri akan kedaluwarsa pada akhir musim ini dan kemungkinan besar ia tidak akan melanjutkannya.

Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group (FSG). berniat mempertahankan salah satu aset terbaik mereka itu di Anfield, namun sang direktur belum mengiyakan komitmen bertahan setelah masa kontraknya habis nanti.

Tentu masih ada kesempatan bagi Michael Edwards untuk tetap bertahan di posisinya saat ini, terlepas dari spekulasi siapa yang bakal menggantikannya kelak.

Seperti sudah disebutkan di atas, sepak terjang sosok yang satu ini di Liverpool memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Reputasinya sebagai salah satu direktur olahraga terbaik dunia pun terus meroket.

Nah, berikut beberapa ‘aksi’ yang telah dilakukan Michael Edwards sebagai direktur olahraga Liverpool yang layak mendapat apresiasi. Salah satunya adalah soal transfer Philippe Coutinho pada tahun 2017 silam.