In-depth

Kisah Ajaib Liverpool Asuhan Bob Paisley Bantai Klub Norwegia 11-0

Minggu, 5 September 2021 18:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© liverpoolecho
Bob Paisley pernah bawa Liverpool menang 11-0 atas klub Norwegia, Stromsgodset. Copyright: © liverpoolecho
Bob Paisley pernah bawa Liverpool menang 11-0 atas klub Norwegia, Stromsgodset.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, pernah mencatatkan kemenangan besar dengan skor 11-0 melawan Stromsgodset di ajang European Cup Winners’ Cup.

Berlaga di putaran pertama European Cup Winners’ Cup 1974-1975, The Reds asuhan Bob Paisley sukses membabat klub Norwegia tersebut habis-habisan tanpa ampun saat melakoni leg pertama di Anfield.

Rekor mengerikan ini pun sekaligus mematahkan catatan yang pernah diukir Bill Shaknly lima tahun sebelumnya. Saat itu, Liverpool menang dengan skor 10-0 melawan Dundalk United.

Kekalahan Stromsgodset sendiri memang seperti sudah ditakdirkan sejak awal pertandingan berlangsung, yakni kebobolan penalti hanya dalam kurun waktu dua menit.

Adalah kiper Inge Thun biang kerok utama yang membuat Liverpool dianugerahi penalti cepat tersebut. Ia berlari keluar untuk menghentikan Tommy Smith, hingga membuat wasit Malta Edwin Borg langsung menunjuk titik putih.

Alec Lindsay pun tampil sebagai eksekutor dan membuka keunggulan Liverpool pada menit ketiga. The Reds dalam kedipan mata tahu-tahu sudah memimpin 1-0 padahal pertandingan baru saja dimulai.

Pada waktu itu, mungkin tidak ada yang mengira bahwa skuat asuhan Bob Paisley bakal menghabisi Stromsgodset dengan skor horor sebanyak dua digit.

Bahkan, mungkin tidak pernah terlintas pula di benak para pemain Stromsgodset bahwa mereka tidak sekali pun diberi kesempatan untuk menjebol gawang yang dijaga ketat oleh Ray Clemence.

Rentetan hujan gol Liverpool pun akhirnya dimulai, usai Phil Boersma mengubah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-13.

Selanjutnya, ada Phil Thompson yang berlari ke depan dan berhasil mencetak gol apik pada menit ke-30. Babak pertama ditutup 5-0 usai Boersma kembali mencatatkan namanya di papan skor, ditambah satu gol lagi oleh Steve Heighway.