Bola Internasional

Cetak Rekor Bareng Portugal, Ronaldo Masih Kalah dari Legenda Malaysia

Rabu, 13 Oktober 2021 13:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Thanassis Stavrakis - Pool/UEFA via Getty Images
Cristiano Ronaldo melepas ban kaptennya di laga Euro 2020 Belgia vs Portugal. Copyright: © Thanassis Stavrakis - Pool/UEFA via Getty Images
Cristiano Ronaldo melepas ban kaptennya di laga Euro 2020 Belgia vs Portugal.

INDOSPORT.COM – Cristiano Ronaldo mencatat sederet rekor baru dalam penampilannya bersama Portugal yang mengalahkan Luksemburg di Kualifikasi Piala Dunia, Rabu (13/10/21). Namun, catatannya masih kalah dari legenda Malaysia.

Cristiano Ronaldo menjadi bintang di laga antara Portugal vs Luksemburg dengan mencetak hattrick, sekaligus membantu Portugal menang 5-0.

Sebanyak tiga gol  dicetak bintang Manchester United itu pada menit 8, 13 dan 87. Sementara itu, dua gol Portugal lain dilesakkan Bruno Fernandes pada menit 17 dan Joao Palhinha (69’).

Dilansir dari The Sun, ini merupakan hattrick internasional kesepuluh yang dicetak Cristiano Ronaldo di sepanjang kariernya. Belum ada pemain lain dalam sejarah sepak bola internasional yang mencetak gol sebanyak itu untuk negara mereka.

Ronaldo memulai rentetan hattrick-nya delapan tahun lalu. Saat itu, dirinya mencetak hattrick saat Portugal menang 4-2 atas Irlandia Utara di Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa.

Menariknya, bintang berjuluk CR7 ini juga mempertajam status sebagai pencetak gol terbanyak di level internasional. Cristiano Ronaldo kini telah mengemas 115 gol.

Ronaldo kini unggul enam gol dari pemegang rekor sebelumnya, Ali Daei. Sayangnya, Ali Daei tak bisa lagi menambah pundi-pundi golnya karena sudah pensiun sejak 2006.

Mantan pemain Real Madrid ini juga mempertaham rekor penampilan terbanyak di level internasional. Ronaldo sejauh ini mengemas 182 penampilan bersama Timnas Portugal.

Ronaldo melampui pemegang rekor sebelumnya sekaligus eks rekan setimnya, Sergio Ramos, yang mencatat 180 caps bersama Timnas Spanyol.

Rekor Sergio Ramos telah disalip oleh Cristiano Ronaldo sejak April 2021 lantaran Ramos tak kunjung dipanggil Timnas Spanyol.