Bola Internasional

Saat AC Milan dan Timnas Kroasia Jadi Noda dalam Karier Nikola Kalinic

Rabu, 27 Oktober 2021 17:57 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© 90min
Nikola Kalinic saat masih di AC Milan. Copyright: © 90min
Nikola Kalinic saat masih di AC Milan.

INDOSPORT.COM - AC Milan dan Timnas Kroasia pernah mengisi relung hati Nikola Kalinic selama berkarier di dunia sepak bola.

Lebih banyak dikenal sebagai bagian Fiorentina, pemain kelahiran 5 Januari 1988 ini sempat punya cerita saat berseragam merah-hitam khas Rossoneri.

Namun sayang kisah tersebut tidak terdengar manis di telinga siapa pun yang mengetahuinya. Pada Agustus 2017, ia merapat ke San Siro sebagai pinjaman dengan klausul pembelian sebesar 25 juta euro.

Hanya saja, setelah dipenuhi, Nikola Kalinic malah langsung dijual dengan nilai transfer 14,5 juta euro oleh AC Milan ke Atletico Madrid pada awal Agustus 2018.

Kalinic memang salah satu rekrutan paling gagal AC Milan sepanjang sejarah. Dengan total 41 pada musim 2017-2018, ia hanya mampu cetak enam gol, yang tentunya sangat buruk untuk seorang striker.

Padahal dua musim sebelumnya bersama Fiorentina, ia selalu mencetak setidaknya 10 gol. Musim 2015-2016, ia mencetak 20 gol dari 42 laga di semua kompetisi, lalu musim selanjutnya 16 gol dari 46 pertandingan.

Sungguh statustik yang bisa dibilang cukup bertolak belakang 180 derajat antara Fiorentina dan AC Milan. Namun seperti itulah takdir dan nasib yang harus dilalui Kalinic setidaknya sekali dalam karier sepak bolanya.

Sang pemain pun sudah pernah buka suara soal masa-masa kelamnya saat membela AC Milan. Selain terlambat bergabung dengan tim dan tidak ikut agenda pramusim, cedera juga menghancurkan hari-harinya di sana.

Di samping itu, AC Milan pada waktu itu tengah membangun kembali kekuatan mereka dengan mendatangkan seabrek pemain baru, yang tentu saja tidak bisa langsung klik hanya dengan bekerja sama satu dua kali.