Bola Internasional

Lagi, Talenta Muda Papua Segera Gabung Klub Kasta Kedua Liga Thailand

Sabtu, 8 Januari 2022 17:51 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Status pemain timnas Indonesia jebolan Piala AFF 2020 lalu rupanya bukan satu-satunya jalan bagi pemain tanah air untuk bisa dinilai punya kesempatan berkarier di luar negeri. Gelandang muda jebolan akademi Persipura Jayapura, Samuel Balinsa, membuktikan jika anomali bisa saja terjadi.

Pada Sabtu (8/1/22), dikabarkan bawah Samuel sudah meneken kontrak bersama kesebelasan kasta kedua Thailand, Lampang FC. Gelandang sentral 22 tahun asal Papua itu diaget untuk enam bulan ke depan demi melakoni putaran kedua Thai League 2.

Sebelumnya Samuel sempat punya karier profesional di Liga Indonesia dengan membela Persewar Waropen. Namun sejak Januari 2020 pemain kidal itu sudah berpisah dengan Si Kepiting Bakau.

Saat ini Lampang sedang mengejar promosi ke Thai League 1 dengan bekal 29 poin dari 17 pertandingan di putaran pertama. Klub berjuluk Kereta Zamrud tersebut berada di posisi kelima dengan jarak 14 poin dengan Trat FC selaku pemuncak.

Pendekatan Lampang pada Samuel sebenarnya sudah dimulai setidaknya sejak November tahun lalu. Saat itu penampilan sang midfielder bersama tim PON Papua dua sebulan sebelumnya yang sukses menyabet emas di cabang olahraga sepak bola jadi awal segalanya. 

Ricky Ricardo yang menjadi kapten sekaligus penyerang inti dan top skor untuk tim PON Papua memang menyedot porsi perhatian paling banyak untuk publik namun Samuel sebenarnya juga bermain oke. Sepanjang gelaran pemain yang akrab disapa Atta tersebut menyumbang tiga gol.