In-depth

3 Penyebab Jebloknya Performa Liverpool di Liga Inggris Sejauh Ini

Senin, 10 Oktober 2022 19:45 WIB
Editor: Juni Adi
© Reuters/David Klein
Aksi protes pemain Liverpool saat laga melawan Arsenal di pekan ke-9 Liga Inggris 2022-2023 Copyright: © Reuters/David Klein
Aksi protes pemain Liverpool saat laga melawan Arsenal di pekan ke-9 Liga Inggris 2022-2023

INDOSPORT.COM - Sejumlah faktor ini menjadi penyebab jebloknya performa Liverpool di sejumlah kompetisi termasuk Liga Inggris (Premier League).

Kompetisi musim 2022/2023 tampaknya kurang bersahabat dengan Liverpool. Hal itu dibuktikan dengan serangkaian hasil buruk di beberapa ajang seperti Liga Inggris dan Liga Champions.

Di Liga Inggris, Liverpool saat ini tercecer di papapn tengah klasemen Liga Inggris menduduki peringkat ke-10 dengan koleksi 10 poin.

Mereka gagal memperbaiki posisinya lantaran baru saja mengalami kekalahan dari Arsenal di pekan ke-9.

Bermain di Stadion Emirates, Minggu (09/10/22) kemarin, Liverpool kalah 3-2. 

The Reds kalah akibat gol Gabriel Martinelli (1’) dan brace Bukayo Saka (45+5’ dan 76’).

Liverpool hanya bisa membalas 2 gol lewat aksi Darwin Nunez (34’) dan Roberto Firmino (53’).

Itu merupakan kekalahan kedua Liverpool setelah sebelumnya mereka ditundukan oleh Manchester United 2-1 di Liga Inggris.

Performa mengecewakan sempat merembet ke pentas Eropa, Liga Champions. Mereka kalah telak 4-1 dari Napoli di babak penyisihan Grup A.

Penampilan Liverpool musim ini memang sangat jauh dari musim-musim sebelumnya, dimana mereka sangat perkasa baik di domestik maupun Eropa.

Musim lalu saja, mereka mampu menduduki posisi runner-up di klasemen Liga Inggris hanya selisih 1 poin dengan Manchester City yang jadi kampiun.

"Ya, kami sudah tidak masuk ke dalam perebutan gelar juara. Bayangkan saja, jika saat ini saya duduk di sini dan berpikir kami dekat di sana [papan atas klasemen]," kata Jurgen Klopp dalam konferensi pers usai laga melawan Arsenal dikutip dari Anfield Watch.

Lantas apa yang menyebabkan penampilan Liverpool sangat kacau musim ini? berikut beberapa ulasannya: