In-depth

3 Ketegasan Erik ten Hag, Bikin Pemain Manchester United Auto Segan!

Jumat, 21 Oktober 2022 15:01 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
© Reuters/David Klein
Berikut tiga ketegasan pelatih Manchester United, Erik ten Hag, yang bikin semua pemain Setan Merah segan padanya. Copyright: © Reuters/David Klein
Berikut tiga ketegasan pelatih Manchester United, Erik ten Hag, yang bikin semua pemain Setan Merah segan padanya.

INDOSPORT.COM – Berikut tiga ketegasan pelatih Manchester United, Erik ten Hag, yang bikin semua pemain Setan Merah segan padanya.

Menjadi pelatih pastinya bukanlah hal yang mudah bagi setiap manajer di Liga Inggris (Premier League) atau liga apa pun itu.

Ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai oleh setiap pelatih apa pun itu liganya. Pelatih Bayern Munchen, Julian Nagelsmann, berpendapat bahwa melatih itu 30 persen taktik dan 70 persen kompetensi sosial.

Hal ini yang juga membuktikan bahwa manajer legendaris Man United, Sir Alex Ferguson, begitu berdaya selama hampir 27 tahun menukangi Setan Merah.

Terlebih lagi, Sir Alex Ferguson juga masuk dalam salah satu jajaran pelatih yang menukangi sebuah klub dengan lama dan tidak dipecat.

Dari sini kita melihat bahwa melatih sepak bola itu bukan hanya soal taktik sebab kompetensi sosial, seperti menguasai ruang ganti juga diperlukan.

Hal seperti ini kurang ditunjukkan manajer Setan Merah sebelum Erik ten Hag, yaitu Ole Gunnar Solksjaer dan Ralf Rangnick.

Fans Manchester United juga perlu bersyukur bisa memiliki Erik ten Hag yang kemampuan sosialnya mirip dengan manajer legendaris mereka, Sir Alex Ferguson.

Berikut tiga ketegasan pelatih Manchester United, Erik ten Hag yang bikin pemain Setan Merah segan padanya.