Mengenal Nikolai Valuev, Si Petinju Raksasa Berhati 'Hello Kitty'

Sabtu, 20 Februari 2021 17:22 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© [email protected]#nikolaivaluev
Nikolai Valuev, Legenda tinju raksasa asal Rusia. Copyright: © Instagram@#nikolaivaluev
Nikolai Valuev, Legenda tinju raksasa asal Rusia.

INDOSPORT.COM – Legenda tinju asal Rusia, Nikolai Valuev dikenal sebagai sosok petinju raksasa namun memiliki hati yang lembut bak tokoh animasi ‘Hello Kitty’.

Bagi para pecinta dunia tinju tentu tak asing dengan nama Nikolai Valuev. Bagaimana tidak? Ia disebut sebagai seorang petinju yang memiliki tubuh paling besar dan gahar bahkan melebihi sosok Mike Tyson yang disebut sebagai pria paling mengerikan di muka bumi.

Nikolai Sergeyevich Valuev merupakan petinju berkebangsaan Rusia yang memulai kariernya di atas ring tinju profesional sejak 15 Oktober 1993.

Meski debut di tahun 90-an, namun kehadiran Valuev di dunia tinju saat itu langsung menggemparkan dunia. Bagaimana tidak? Ia dianggap sebagai petinju monster dan raksasa lantaran memiliki postur tubuh yang lebih besar ketimbang rekan seprofesi lainnya.

Melansir dari laman Boxrec, petinju berjuluk The Russian Giant itu memiliki tinggi badan 213 meter dan berat tubuh 149kilogram dan disebut sebagai petinju tertinggi dan terberat sepanjang sejarah.

Kariernya di dunia tinju pun terbilang mentereng. Ia telah mecatatkan rekor kemenangan 50-2-0, serta dua kali memenangkan gelar sabuk juara kelas berat WBA pada 2005 dan 2008, serta pernah mengalahkan legenda tinju ternama Evander Holyfield pada 2008.

Ia hanya mengalami dua kekalahan atas Ruslan Chagaev dalam perebutan gelar kelas berat WBA pada 2007, serta tumbang atas David Haye pada 2009.

Laga melawan Haye merupakan salah satu duel paling terkenal, hingga pertandingan tersebut dijuluki sebagai ‘David vs Goliath’, yakni pertempuran legendaris dalam Alkitab atau kisah peperangan antara Nabi Daud vs Jalut dalam agama Islam.

Meski demikian, Valuev memutusan untuk pensiun pada 2009 atau tiga hari pasca kekalahannya atas David Haye yang berlangsung di Jerman.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%