IBL Indonesia 2017

(ANALISIS) 4 Tim Berpeluang Juara: Satria Muda Terdepan, Mengapa?

Sebanyak 11 tim basket Indonesia akan berjibaku di kompetisi terbesar Tanah Air yang akan digelar pada hari Jumat, (20/01/17) mendatang. Dari kesebelas tim yang ada, empat di antaranya sama-sama memiliki peluang besar untuk menjadi juara di akhir musim. Siapa sajakah mereka? Rabu (18/01/17).
Rabu, 18 Januari 2017 16:27 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Indosport/Internet
Aspac Jakarta, Pelita Jaya Jakarta, CLS Knights Surabaya dan Satria Muda Jakarta. Copyright: © Indosport/Internet
Aspac Jakarta, Pelita Jaya Jakarta, CLS Knights Surabaya dan Satria Muda Jakarta.

Gong pagelaran IBL Indonesia 2017 akan segera dibunyikan pada tanggal 20 Januari 2017 atau lusa mendatang. Sejumlah 11 tim basket Indonesia tentunya telah memiliki persiapan masing-masing untuk melakoni kompetisi basket terbesar di Tanah Air tersebut.

Jika mundur sekitar 10 tahun ke belakang, memang hanya ada dua tim saja yang selalu mendominasi di kompetisi ini, yaitu Satria Muda dan Aspac. Dua tim asal Ibu Kota Indonesia ini memang seakan tak bisa dibendung oleh tim mana pun, menyusul kekuatan dan kualitas pemain mereka selalu lebih baik.

Tak heran, jika kedua tim ini dapat disamakan seperti El Clasico dalam dunia sepakbola, yaitu Barcelona dan Real Madrid. Barca dan Madrid memang selalu mendominasi kompetisi La Liga Spanyol, termasuk dalam mendapatkan gelar juara.

Sama halnya dengan Satria Muda dan Aspac, kedua tim ini juga memegang koleksi gelar terbanyak di Indonesia dengan rincian Satria Muda 8 kali dan Aspac 4 kali. Namun seiring berjalannya waktu, beberapa tim mulai mengalami peningkatan, bahkan mampu mengalahkan mereka.

Salah satu bukti paling nyata adalah CLS Knights Surabaya, pada musim 2015/16 kemarin, mereka berhasil mematahkan dominasi Satria Muda dan Aspac dengan keluar sebagai juaranya di musim tersebut.

Selain itu, mereka juga sempat dipatahkan oleh Pelita Jaya Jakarta dalam pertandingan pra-musim di musim yang sama. Menariknya lagi, pada final IBL 2016 kemarin, CLS Knights Surabaya dan Pelita Jaya Jakarta yang justru tampil di partai puncak tersebut.

Dengan kata lain, meski Satria Muda dan Aspac masih tetap diunggulkan di setiap musimnya, namun mereka juga tetap harus waspada dengan kekuatan tim lainnya.

Berikut ini INDOSPORT mencoba menganalisis kekuatan serta peluang juara dari keempat tim tersebut: