Sport Training

Ingin Jago Ankle Break Seperti Bintang NBA? Ini Tipsnya

Sabtu, 30 April 2016 08:00 WIB
Penulis: Abdul Hamid | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Dribble merupakan teknik mutlak yang harus dimiliki pebasket jika ingin melewati hadangan lawan dan terus melaju ke ring untuk mencetak poin. Salah satu teknik dribble yang efektif dalam melewati hadangan lawan adalah ankle break atau crossover.

Angkle break ini merupakan teknik dribble yang mengalihkan bola dengan cepat dari satu tangan ke tangan lain untuk membuat perubahan arah. Taktik ini harus disertai dengan gerakan tipuan ke satu sisi dan membiarkan pemain lawan mengikuti gerakan tersebut sebelum memindahkan bola ke tangan satunya.

Trik ini akan membuat pemain lawan kehilangan keseimbangan dan kehilangan posisi sehingga mempermudah untuk melakukan tembakan atau melakukan operan.
 

Sejumlah pemain top NBA menjadikan teknik ini sebagai senjata andalan mereka seperti Jamal Crawford (shooting guard LA Clippers), Kyrie Irving (point guard Cleveland Cavaliers), dan Deron Williams (point guard Dallas Mavericks).

Tidak hanya di luar negeri saja, teknik ini dijadikan senjata oleh para pebasket Tanah Air. Salah satunya adalah shooting guard M88 Aspac Jakarta, Oki Wira Sanjaya.  

Dalam kesempatan ini pemain yang kerap di sapa Oki ini akan berbagi tips dan trik kepada pembaca setia INDOSPORT, untuk melakukan gerakan ankle break yang mematikan seperti bintang NBA. 

3