Berstatus Pemain Promosi, Derrick White Bisa Jadi Roster Timnas AS di FIBA World Cup 2019

Sabtu, 24 Agustus 2019 16:24 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Derrick White punya kans jadi roster Timnas Basket AS yang akan berlaga di FIBA World Cup 2019. Copyright: © Getty Images
Derrick White punya kans jadi roster Timnas Basket AS yang akan berlaga di FIBA World Cup 2019.

INDOSPORT.COM - Guard San Antonio Spurs, Derrick White, di ambang terpilih menjadi roster akhir Timnas Basket Amerika Serikat untuk FIBA World Cup 2019 di China.

Derrick White adalah salah satu pemain yang berstatus promosi. Meski White membantu AS dalam kualifikasi menuju FIBA World Cup 2019 di China, namun ia tak langsung terpilih dalam skuat utama Gregg Popovich.

Pebasket berusia 25 tahun ini awalnya ada di tim cadangan yang difungsikan sebagai tim latih tanding dari roster utama AS. Namun, dalam sebuah latih tanding dengan pemain utama AS, White berhasil mencuri perhatian.

Dalam latih tanding tersebut, White bermain selama 25 menit dengan mencetak 12 poin, 3 rebound, 2 steal, dan assist tertinggi di laga uji coba tersebut, yakni 8. Berkat penampilan impresifnya, pemain kelahiran Colorado ini lalu dipromosikan ke skuat utama Timnas Basket AS.

"Ketika saya berada di tim seleksi, saya hanya mencoba untuk menunjukkan kemampuan dan membantu tim menjadi lebih baik. Lalu pindah ke tim senior rasanya sangat gila," ucap White dikutip dari situs resmi FIBA World Cup 2019.

White pun akhirnya ikut dalam kamp pelatihan dan ia diboyong oleh Gregg Popovich untuk ikut tanding melawan Australia, meski bermain hanya dua menit dengan mencetak satu rebound dan satu assist.

Walau demikian, ia menjadi salah satu pemain yang berada di ambang roster tim utama Timnas Basket AS. White pun merasa beruntung karena tim tersebut juga dilatih oleh Popovich.

Pasalnya, White adalah anak asuh Popovich di San Antonio Spurs, sehingga ia merasa tahu gaya bermain yang diinginkan oleh sang pelatih.

"Kurasa ini ada keuntungan. Saya baru di tim ini, tapi saya mungkin bisa beradaptasi karena tahu gaya Popovich lebih baik daripada orang lain. Saya sudah terbiasa dengan sistem yang dijalankannya," jelas White.

Walau memiliki hubungan dengan Derrick White di level klub, Popovich tetap memilih Kemba Walker sebagai pemain utama di posisi guard dan White tak ada masalah dengan itu. Ia menegaskan bakal menerima keputusan apa pun dan mendukung rekan satu timnya demi kemenangan AS di FIBA World Cup 2019 di China.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%