Kisah Inspiratif Fiona Carey, Penyintas 8 Kanker yang Menjelma Jadi Kapten Tim Basket

Selasa, 20 April 2021 15:26 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Twitter @finchinch
Wanita Inggris bernama Fiona Carey berhasil bertahan dari serangan 8 jenis kanker. Hebatnya, ia kini menjadi atlet basket kursi roda dan bahkan menjadi kapten. Copyright: © Twitter @finchinch
Wanita Inggris bernama Fiona Carey berhasil bertahan dari serangan 8 jenis kanker. Hebatnya, ia kini menjadi atlet basket kursi roda dan bahkan menjadi kapten.

INDOSPORT.COM – Wanita Inggris bernama Fiona Carey berhasil bertahan dari serangan 8 jenis kanker. Hebatnya, ia kini menjadi atlet basket kursi roda dan bahkan menjadi kapten.

Menyaksikan aksi para bintang olahraga bisa memberikan inspirasi dalam hidup. Hal yang sama dialami oleh wanita Inggris bernama Fiona Carey.

Dilansir Metro, Carey terpaksa berhenti dari pekerjaannya di penerbitan buku-buku edukasi pada tahun 2012 lalu karena masalah kesehatan. Belakangan ia diketahui mengalami 8 jenis kanker. Namun, saat melihat para atlet beraksi di ajang Paralimpiade London 2012, ia bersumpah akan menjadi atlet.

Masalah kesehatan wanita yang kini berusia 60 tahun ini pertama kali disadari pada tahun 2001, ketika ia mulai sering mengalami batuk. Ia kemudian malah didiagnosis mengidap kanker ginjal.

Pihak medis juga menyebut bahwa batuk yang ia alami disebabkan oleh sebuah tumor berukuran 4x3x2 inci yang menekan difragmanya.

Carey pun kemudian menjalani operasi untuk mengangkat ginjal sebelah kiri. Namun, pada 2003 kanker ginjalnya kembali dan kali ini menyebar ke paru-parunya. Akibatnya, ia pun kembali menjalani operasi.

Rupanya, operasi pada tahun 2003 itu bukanlah yang terakhir dijalani oleh wanita Inggris ini. Pada awal 2011 atau 10 tahun setelah diagnosis pertamanya, Fiona Carey kembali menerima kabar buruk. Dokter menemukan jejak kanker di pankreasnya.

Secara total, dalam tahun-tahun tersebut, diketahui ada 8 jenis tumor yang bersarang di tubuh Carey. Ia pun telah menjalani berbagai macam jenis pengobatan, mulai dari operasi, radioterapi, hingga ablasi radiofrekuensi.

Meski pada akhirnya ia dinyatakan bebas dari semua tumor dan kanker tersebut, tapi rangkaian penyakit tersebut telah menurunkan kemampuan tubuhnya.

Fiona memang masih bisa berjalan dan berdiri tanpa bantuan, namun ia kini menggunakan kursi roda agar bisa bergerak lebih bebas.  

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%