Komunitas Sehat

5 Tips Antisipasi Heat Stroke saat Olahraga

Kamis, 12 Maret 2020 10:11 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Whole Life Challenge
Olahraga merupakan kegiatan kebugaran tubuh yang dapat dilakukan dengan mudah, meski begitu jika melakukannya saat cuaca sedang panas maka akan timbul masalah. Salah satunya akan mengalami Heat Stroke. Copyright: © Whole Life Challenge
Olahraga merupakan kegiatan kebugaran tubuh yang dapat dilakukan dengan mudah, meski begitu jika melakukannya saat cuaca sedang panas maka akan timbul masalah. Salah satunya akan mengalami Heat Stroke.

INDOSPORT.COM - Olahraga merupakan kegiatan kebugaran tubuh yang dapat dilakukan dengan mudah, meski begitu jika melakukannya saat cuaca sedang panas maka akan timbul masalah. Salah satunya akan mengalami Heat Stroke.

Heat Stroke merupakan kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu yang sangat tinggi dan tubuh tidak mampu mengatur kondisi ini. Mari simak lima tips agar terhindar heat stroke saat olahraga di cuaca panas berikut ini.

1. Pentingnya minum sebelum olahraga

Minum yang cukup saat akan memulai olahraga karena saat olahraga tubuh menjadi lebih cepat panas. Kondisi ini akan menguras cairan di dalam tubuh, maka dari itu sebaiknya memenuhi cairan tubuh, sebelum dan sesudah olahraga. Lakukan tiap 20 menit selama olahraga berlangsung.

2. Gunakan tempo lambat 
Menggunakan tempo lambat cukup untuk olahraga saat cuaca panas, keluarkan energi sesuai suhu panas lingkungan. Jika sangat panas, tidak dianjurkan untuk mengambil  resiko dengan memaksakan diri untuk tetap berolahraga.

3. Pilih pakaian yang mudah menyerap keringat
Kaos olahraga berbahan ringan cukup untuk dikenakan saat cuaca panas, supaya memudahkan proses penguapan keringat. Pemilihan warna cerah juga dapat menghindari penyerapan panas dari sinar matahari.

Jenis bahan pakaian yang ringan untuk olahraga yaitu coolmax, drymax, smartwool, dan polyproylene yang memiliki pori-pori kecil sehingga penguapan keringat lebih mudah, dan baju tidak mengunci panas di sekitar kulit. Menambahkan topi dan kacamata hitam juga tepat untuk melindungi area kepala.

4. Lindungi kulit dengan Sunscreen

Mengoleskan sunscreen alias tabir surya merata pada tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya itu selain dapat menjaga warna kulit, juga dapat mencegah Heat Stroke.

5. Sudahi Olahraga ketika suhu tubuh melampaui batas

Akhiri olahraga ketika tubuh mulai memanas, itu juga menyebabkan tekanan darah akan meningkat, jantung berdetak sangat cepat, bisa merasakan lelah luar biasa, jika tidak cepat ditangani akan pingsan dan itu yang disebut mengalami Heat Stroke.

Penulis: Monicha Septhyara.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%