In-depth

3 Alasan Kuat Rafael Nadal Akan Pecundangi Novak Djokovic di Final Prancis Terbuka

Sabtu, 10 Oktober 2020 11:17 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Final Australia Terbuka 2019: Rafael Nadal vs Novak Djokovic Copyright: © Getty Images
Final Australia Terbuka 2019: Rafael Nadal vs Novak Djokovic

INDOSPORT.COM – Final ideal tercipta di partai puncak Prancis Terbuka (Roland Garros) 2020 yang akan mempertemukan unggulan satu dan dua, Novak Djokovic vs Rafael Nadal. Lapangan Philippe-Chatrier akan menjadi saksi perseteruan dua petenis terbaik ini, Minggu (11/10/20) besok.

Novak Djokovic memastikan tiket final usai susah payah mengalahkan petenis Yunani, Stefanos Tsitsipas, dengan skor 6-3, 6-2, 5-7, 4-6, dan 6-1 dalam laga Jumat (09/10/20) malam.

Sementara Rafael Nadal cukup melakoni tiga set atas Diego Schwartzman, 6-3, 6-3, dan 7(7)-6(0) untuk mengamankan tiket final Prancis Terbuka musim ini. Petenis Spanyol itu akhirnya membalas kekalahan di turnamen Italia Terbuka bulan lalu atas Schwartzman.

Djokovic dan Nadal sudah bertemu sebanyak 55 kali dalam berbagai turnamen. Namun meski Djokovic unggul dengan 29 kemenangan, rasanya Nadal masih akan tetap menjadi juara di Prancis Terbuka 2020 ini.

Kondisi Mental dan Fisik Novak Djokovic

Alasan pertama tampuk juara Roland Garros besok akan menjadi milik Nadal adalah ketika melihat kondisi Djokovic di partai semifinal. Petenis Serbia itu harus berjuang selama lima set, alih-alih menyelesaikan laga dalam tiga set saja.

Pakar tenis Eurosport, Mats Wilander, menyebut hasil yang berada di luar dugaan itu bisa saja menjadi pembeda untuk performa Djokovic di partai final nanti. Sementara Nadal belum kehilangan satu set pun dalam perjalanannya menuju laga pamungkas.

Selain harus melewati laga berdurasi empat jam yang melelahkan, Djokovic juga sempat mengalami masalah di tangan dan lehernya kala menghadapi Pablo Carreno Busta di perempatfinal.

Namun tetap saja, mental dan fisik seorang petenis nomor satu dunia yang sudah matang seperti Djokovic masih akan memberikan ancaman besar untuk Nadal di laga besok.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%