Liga 1

Emral Abus, Dari 'Boneka' Hingga Guru Besar Pelatih Top

Kamis, 31 Agustus 2017 11:44 WIB
Editor: Ramadhan
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pelatih anyar Persib Bandung, Emral Abus. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pelatih anyar Persib Bandung, Emral Abus.

Teka-teki mengenai siapa yang akan menduduki kursi pelatih Persib Bandung akhirnya terjawab. Maung Bandung secara resmi menunjuk Emral Abus sebagai pelatih baru, menggantikan posisi Djajang Nurdjaman yang memutuskan mundur beberapa waktu lalu.

Manajer Persib, Umuh Muchtar, mengonfirmasi secara resmi mengenai pengangkatan Emral sebagai pelatih baru. Sosok juru racik berusia 58 tahun itu bakal mendampingi Persib hingga akhir musim di kompetisi kasta tertinggi Gojek Traveloka Liga 1 2017 yang saat ini sudah memasuki paruh kedua.

“Iya Emral sudah deal dan akan mendampingi Persib sampai akhir musim," kata manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar saat dihubungi melalui telepon selularnya, Rabu (30/08/17).

© Ginanjar/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Emral Abus (kiri) didampingi Firman Utina (kanan) saat jelang laga menghadapi Lao Toyota, Selasa (17/03/15). Copyright: Ginanjar/INDOSPORTPelatih Persib Bandung, Emral Abus (kiri) didampingi Firman Utina (kanan) saat jelang laga menghadapi Lao Toyota, Selasa (17/03/15).

Tak ingin menunggu lama, Persib sendiri memastikan bahwa Emral akan segera bergabung menangani Raphael Maitimo dan kawan-kawan. Apalagi sudah lebih dari satu bulan terakhir, Persib memang tidak punya sosok pelatih kepala sepeninggal Djanur.

Sejak ditinggal Djanur, Persib hanya diurus dan didampingi asisten pelatih, Herrie Setyawan, yang belum mengantongi lisensi pelatih A AFC. Kini, Emral yang sudah memiliki lisensi A AFC, bakal langsung terlibat dalam persiapan Maung Bandung jelang laga penting kontra Sriwijaya FC pada 4 September mendatang.

“Saat ini Emral masih di Jakarta tapi secepatnya akan bergabung. Pokoknya, saat lawan Sriwijaya dia sudah ada,” sambung Umuh Muchtar.

© Twitter@Liga1Match
Ahmad Jufrianto melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah cetak gol pada menit ke-14. Copyright: Twitter@Liga1MatchAhmad Jufrianto melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah cetak gol pada menit ke-14.

Emral sendiri bukanlah wajah baru di kubu Persib. Sebelumnya, sosok pelatih kelahiran Lubuk Nyiur, Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini pernah mendampingi Djajang Nurdjaman untuk menangani Persib ketika tampil di pentas Liga Champions Asia dan AFC Cup 2015.

Betapa bernilainya sosok Emral jika melihat peran pentingnya saat bersama Persib kala itu. Dan kini, Persib siap mengarungi sisa kompetisi di bawah tangan dingin Emral. INDOSPORT coba mengulas sosok ‘maha guru’ yang ada dalam diri Emral Abus, pelatih baru Persib Bandung.

1.5K