Bursa Transfer

Wali Kota Liverpool Minta FA Investigasi Transfer Barkley ke Chelsea

Sabtu, 6 Januari 2018 05:20 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Ross Barkley berfoto memperkenalkan nomor jersey di Chelsea. Copyright: © Getty Images
Ross Barkley berfoto memperkenalkan nomor jersey di Chelsea.

Gelandang serang asal Inggris, Ross Barkley baru saja menandatangani kontrak kepindahannya ke Chelsea dari Everton. The Blues sendiri sukses mengikat Barkley dan memberinya kontrak jangka panjang berdurasi lima tahun.

Meski tidak disebutkan di situs resminya, sejumlah pihak meyakini bahwa Chelsea setidaknya merogoh kocek sebesar 15 juta poundsterling (Rp272 miliar) untuk mendapatkan jasa pemain kelahiran 6 Desember 1993 itu.

Menariknya, kepindahan Barkley dari Everton ke Chelsea tersebut ternyata mendapat sorotan dari Wali Kota Liverpool, Joe Anderson. Menurut pria berkepala plontos tersebut ada kecurangan yang terjadi terkait biaya transfer Barkley.

© INDOSPORT
Ross Barkley berfoto di Stamford Bridge usai resmi menjadi pemain Chelsea. Copyright: INDOSPORTRoss Barkley berfoto di Stamford Bridge usai resmi menjadi pemain Chelsea.

Melalui akun Twitter pribadinya, @mayor_anderson, Wali Kota Liverpool tersebut menyoroti penurunan drastis biaya transfer Barkley. Anderson menyebut Barkley sebelumnya ditawar oleh Chelsea dalam kisaran 35 juta poundsterling (sekitar Rp636 miliar) pada bursa transfer musim panas lalu.

Namun, dalam hitungan empat bulan, harga transfer Barkley tersebut langsung turun drastis sebesar 20 juta poundsterling (sekitar Rp363 miliar). Kondisi tersebut membuat Anderson geram karena menilai Everton telah dirugikan secara finansial.

© INDOSPORT
Joe Anderson Walikota Liverpool sedang berbicara diatas mimbar. Copyright: INDOSPORTJoe Anderson, Wali Kota Liverpool sedang berbicara diatas mimbar.

Untuk itu, Anderson mengaku akan meminta langsung operator Liga Primer Inggris dan juga FA, selaku induk tertinggi sepakbola Inggris untuk menyelidiki lebih lanjut transfer dari Barkley.

"Saya akan menulis pernyataan langsung ke Liga Primer Inggris dan FA, guna meminta mereka menginvestigasi segala hal yang berkaitan dengan transfer Ross Barkley antara Everton dan Chelsea."

"Agen Barkley pernah menyebut bahwa Barkley ditawar dengan mahar sebesar 35 juta poundsterling. Namun, setelah absen bermain selama empat bulan, nilainya turun sebesar 20 juta poundsterling," kicau wali kota kelahiran 24 Januari 1958 itu.

Rasa marah yang dirasakan oleh Anderson itu sendiri tidak lepas dari kenyataan bahwa ia merupakan salah satu pendukung fanatik Everton. Wajar saja bila ia geram melihat The Toffees kehilangan banyak uang dari transfer Barkley.

123