Bola Internasional

Jurgen Klopp Beri Dukungan Pada Gelandang Arsenal

Kamis, 23 Agustus 2018 20:16 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Jurgen Klopp, pelatih Liverpool. Copyright: © Getty Images
Jurgen Klopp, pelatih Liverpool.

INDOSPORT.COM – Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, turut mengomentari keputusan pensiunnya Mesut Ozil dari timnas Jerman. Ia menganggap gelandang Arsenal itu telah dikambinghitamkan dan hanya menjadi korban politik.

Masalah tersebut bermula ketika Ozil memposting foto dirinya bersama presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan jelang Piala Dunia 2018. Postingan tersebut pun menuai banyak kritik dari beberapa kalangan masyarakat Jerman.

Usai gagal bersama timnas Jerman di Piala Dunia, ia pun memutuskan untuk rehat dari tim nasional. Rasisme dan kurangnya dukungan dari Federasi Sepabola Jerman menjadi salah satu alasannya.

Namun, Jurgen Klopp justru yakin bahwa Ozil hanya dijadikan kambing hitam dan korban dari perlakuan politik.

“Saya mengenal Ilkay Gundogan, Emre Can dan Nuri Sahin dengan baik. Memang saya tidak mengenal Mesut (Ozil) dengan baik tapi saya ingin membawanya pualng (ke Jerman),” ujar Klopp, dikutip dari Metro.

“Saya tidak meragukan kesetiaan mereka pada tanah air kami (Jerman),” imbhnya.

Klopp juga menambahkan bahwa menghubung foto dengan politik adalah hal yang tak masuk akal. Namun, ini yang dilakukan para pelaku politik. Mereka membuat hal kecil menjadi masalah yang luar biasa.

Dan kesalahpahaman ini terjadi karena para pelakunya yang tak memberikan informasi dengan jelas pada masyarakat. Menjadikan warganya salah menafsirkan berita yang belum jelas kebenarannya.

Klopp juga menyarankan agar media turut andil dalam meredakan masalah ini. Ia meminta para awak media untuk mulai berhenti memberitakan hal-hal yang bisa memecah belah persatuan.

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT