Bola Internasional

Menakar Kekuatan Tim di Grup A Piala AFF 2018

Selasa, 6 November 2018 14:33 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Isman Fadil
© Indosport.com
5 Kekuatan Tim Grup A Piala AFF 2018 Copyright: © Indosport.com
5 Kekuatan Tim Grup A Piala AFF 2018

INDOSPORT.COM - Sebanyak 10 negara akan dibagi menjadi dua grup yaitu grup A dan grup B dalam pesta sepak bola Asia Tenggara, Piala AFF 2018. Timnas Indonesia sendiri berada dalam Grup B, meski begitu persaingan di Grup A tetap menarik untuk disimak.

Bisa dikatakan Grup A tidak seberat grup sebelah karena di grup ini akan dihuni oleh dua tim yang selama ini menjadi bulan-bulanan tim lain yaitu Kamboja dan Laos. Praktis banyak kalangan menilai persaingan hanya akan terjadi antara Myanmar, Malaysia, dan Vietnam.

Berbeda dengan Grup A, yang dihuni oleh Timnas Indonesia yang merupakan grup neraka karena harus bersaing dengan Thailand, Filipina dan Singapura. Sementara Timor Leste diprediksi tidak akan berbicara banyak pada tahun ini.

Grup A memang tidak sesengit itu, tetapi dari grup inilah calon lawan Timnas Indonesia akan muncul untuk babak semifinal dengan catatan Indonesia bisa lolos dari Grup B. Persaingan di Grup A tetap menarik perhatian untuk melihat calon lawan Indonesia berikutnya.

Berikut INDOSPORT merangkum dalam menakar kekuatan tim-tim yang ada di Grup A Piala AFF 2018.

Vietnam

© Myanmar Football Federation
Skuat Vietnam Copyright: Myanmar Football FederationSkuat Vietnam

Salah satu calon kuat juara Piala AFF 2018 ini akan menjadi tim yang diprediksi akan melaju ke babak semifinal dengan mudah. Pelatih Vietnam yakni Park Hang Seo adalah sosok berpengalaman pernah menjadi asisten dari Guus Hidink kala membawa Korea Selatan melaju ke semifinal Piala Dunia 2002.

Vietnam adalah tim yang selalu bermain agresif dengan kecepatan dan daya juang yang tinggi sehingga Timnas Indonesia selalu kesulitan ketika bertemu tim ini. Buktinya Indonesia membutuhkan waktu tambahan untuk menyingkirkan Vietnam pada Piala AFF 2016.

Tapi itu dua tahun yang lalu, sekarang Vietnam semakin berkembang dan telah menempati peringkat dunia tertinggi untuk Asia Tenggara yaitu 102. Bahkan beberapa pemainnya saat ini adalah penggawa Vietnam U-23 yang berhasil mencapai final Piala Asia U-23 beberapa waktu lalu.

Anak-anak muda itu adalah Bui Tien Dung, Nguyen Van Toan, Phan Van Duc dan Luong Xuan Truong. Akan tetapi pemain kunci diyakini akan tetap diemban oleh Nguyen Van Quyet yang bertindak sebagai kapten yang tajam dalam membuat gol seperti yang ia lakukan ke gawang Timnas Indonesia dua tahun lalu.