Liga Inggris

Terungkap! Ini Alasan Wenger Sering Cadangkan Chamberlain

Sabtu, 29 Desember 2018 09:21 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Arsene Wenger saat masih melatih Arsenal. Copyright: © Getty Images
Arsene Wenger saat masih melatih Arsenal.

INDOSPORT.COMAlex Oxlade-Chamberlain ternyata memiliki kontrak tak biasa ketika masih berada di klub sepak bola Arsenal. The Gunners yang saat itu dilatih Arsene Wenger harus membayar sejumlah uang untuk memainkan sang pemain.

Chamberlain didatangkan Arsenal pada tahun 2011. Saat itu ia hijrah ke Emirates Stadium dengan biaya transfer sebesar 15 juta poundsterling (Rp277,3 miliar).

Namun, pemain sepak bola yang saat itu masih berusia 17 tahun itu sering tampil sebagai pemain cadangan –dari 198 penampilan, ia bermain sebagai pengganti sebanyak 80 kali. Para suporter pun mempertanyakan hal itu.

Ternyata ada kesepakatan tak biasa antara Arsenal dengan mantan klub Chamberlain, Southampton. Yang mungkin menjadi pertimbangan Wenger untuk menurunkannya sejak menit awal atau bermain 90 menit. Hal tersebut ditulis oleh Alan Gerson dalam bukunya yang berjudul, The Transfer Market.

“Sejak kepindahan Alex Oxlade-Chamberlain ke Arsenal pada tahun 2011, para suporter The Gunners sangat frustrasi dengan kurangnya menit bermain bagi sang gelandang,” tulis Alan dalam bukunya yang diterbitkan bulan Desember ini, dikutip dari laman berita olahraga Talk Sport.

“Ia lebih banyak turun sebagai pemain pengganti –rata-rata ia turun di sekitar menit 71. Setelah detil kontraknya muncul, semuanya menjadi jelas; Arsenal diharuskan membayar 10.000 poundsterling (Rp184,8 juta) pada Southampton setiap dia (Chamberlain) dimainkan 20 menit atau lebih,” terangnya.

Hal ini mungkin juga yang menjadi salah satu alasan kenapa sang pemain dilepas The Gunners untuk kemudian bergabung dengan klub rival, Liverpool, di tahun 2017.

Meski awal penampilannya sempat diragukan, peran Chamberlain lambat-laun kian krusial. Ia berhasil mengisi kekosongan di lini tengah The Reds sepeninggal Philippe Coutinho yang hijrah ke Barcelona di pertengahan musim lalu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM