In-depth

Menebak Posisi Produktif Ezra Walian Bersama PSM Makassar di Liga 1 2019

Sabtu, 7 September 2019 18:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Formasi Ezra Walian bersama PSM Makassar Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Formasi Ezra Walian bersama PSM Makassar

INDOSPORT.COM - Menginginkan lini serang yang lebih produktif, PSM Makassar pun meresmikan kedatangan Ezra Walian di bursa transfer Liga 1 2019, Sabtu (07/09/19) pagi.

Ezra Walian didatangkan PSM Makassar usai klub tersebut juga baru merekrut Amido Balde yang terpinggirkan dari skuat Persebaya Surabaya di paruh pertama Liga 1 2019.

Kini PSM Makassar memiliki dua striker kelas Eropa dalam diri Balde dan Ezra Walian. Jika Balde hanya bisa dimainkan di posisi penyerang tengah atau striker, berbeda dengan Ezra Walian.

Pemain berstatus naturalisasi dan beberapa kali membela Timnas Indonesia itu memang cukup piawai dimainkan di beberapa posisi. Berbicara posisi aslinya, dia memang sering dimainkan sebagai striker. 

Tak heran jika melihat PSM Makassar mendatangkan dua penyerang tengah sekaligus di bursa transfer Liga 1 2019 untuk putaran kedua nanti. Mereka memang ingin lini serang yang lebih produktif.

"Penyerang PSM harus sangat padu dalam penyelesaian akhir. Terdapat beberapa peluang yang harusnya terkonversi menjadi gol, tapi hanya bisa cetak gol lewat penalti," ungkap Munafri.

Dari pernyataan bos PSM Makassar itu, jelas sekali bahwa dia menginginkan lini serang timnya produktif dan menyapu semua peluang menjadi gol hingga akhir musim ini.

Pada putaran pertama Liga 1 2019 lalu, PSM Makassar memang kurang produktif dalam urusan mencetak gol. Dari 13 pertandingan yang sudah mereka lakoni, 18 gol mereka cetak dengan hanya dua gol di laga tandang sejauh musim ini.

Lantas dengan keinginan seperti itu, tentu harapan ada pada Ezra Walian dan Amido Balde. Khususnya Ezra, pemain yang mengisi slot U-23 di Liga 1 2019, dengan status naturalisasi yang tentunya sangat diharapkan oleh PSM Makassar.

Guna memenuhi tujuan PSM Makassar memiliki lini serang yang produktif, menarik untuk diketahui posisi apa saja yang bisa dimainkan oleh Ezra Walian di sisa musim Liga 1 2019.

Posisi Produktif Ezra Walian

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ezra Walian resmi gabung PSM Makassar. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTEzra Walian resmi gabung PSM Makassar di bursa transfer Liga 1 2019.

Ezra Walian memang salah satu pemain yang mampu bermain di berbagai posisi. Pemain seperti ini tentu sangat diinginkan oleh pelatih di klub manapun, jadi Darije Kalezic cukup beruntung PSM Makassar berhasil mendatangkannya.

Tapi posisi apa saja yang bisa diisi oleh Ezra Walian? Berdasarkan data yang dilansir dari Transfermarkt, Ezra bisa bermain di posisi penyerang tengah, penyerang sayap dan kanan, gelandang serang dan juga di tengah.

Posisi yang paling produktif untuk Ezra Walian adalah penyerang tengah, yang merupakan tempat aslinya sejak awal karier senior di sepak bola Eropa. Tercatat, dia memainkan sebanyak 46 penampilan dengan mencetak 14 gol dan dua assist.

Melihat keberadaan Amido Balde yang memakai kuota asing, dan hanya bisa dimainkan di posisi penyerang tengah atau striker, Ezra Walian pun harus rela dipasang di sisi lain lini serang PSM Makassar.

Jika melihat posisi lainnya, ada penyerang sayap kiri dan kanan. Posisi penyerang sayap kanan Ezra cukup produktif, dengan total 26 penampilan di mana dia berhasil mencatat tujuh gol dan lima assist.

Sementara untuk posisi penyerang sayap kanan, Ezra Walian tampil 13 kali dengan tiga gol dan hanya satu assist. Bisa bermain di sisi kanan atau kiri lini serang, tentu akan menjadi keuntungan PSM memiliki Ezra Walian.

Dengan fisik yang di atas rata-rata karena ditempa di Eropa, tinggi badan 185 cm dan sudah terbukti puluhan pertandingan mampu dimainkan selama 90 menit penuh, Ezra Walian tentu sangat diharapkan oleh publik Makassar.

Apalagi PSM Makassar kini masih tertahan di urutan ke-8 klasemen sementara Liga 1 2019. Semoga saja, Ezra Walian yang didatangkan di bursa transfer bisa mengangkat performa tim dan menunjukkan produktivitas dari beberapa posisi yang bisa dimainkan olehnya.