Liga Inggris

Raja Assist di Liga Inggris, Bek Kanan Liverpool Masuk Buku Rekor Dunia

Rabu, 16 Oktober 2019 16:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© guinnessworldrecords.com
Pemain Liverpool Trent Alexander-Arnold masuk buku rekor. Copyright: © guinnessworldrecords.com
Pemain Liverpool Trent Alexander-Arnold masuk buku rekor.

INDOSPORT.COM – Bek kanan Liverpool, Trent Alexander-Arnold, mencatatkan dirinya ke dalam buku Guinness World Record setelah mengukuhkan diri sebagai raja assist Liga Inggris.

Dilansir dari Sport Mirror, Alexander-Arnold tercatat memberikan assist terhadap 12 gol Liverpool di Liga Inggris musim lalu. Dia juga mencatat 16 assist untuk The Reds di semua kompetisi.

Catatan ini membuatnya memperoleh gelar Guinness World Record untuk sebagian besar assist di Liga Inggris yang diciptakan seorang pemain bek dalam semusim.

Secara mengejutkan, Trent Alexander-Arnold juga berhasil mematahkan rekor dua pemain Everton, yakni Andy Hinchcliffe (1994-1995) dan Leighton Baines (2010-2011), yang sama-sama membukukan 11 assist.

Kini bek kanan 21 tahun itu juga berhasil melampui rekan setimnya, Andy Robertson, yang mengantongi 11 assist musim lalu. Jika digabungkan, kedua pemain itu juga sudah mencatat 29 assist di semua kompetisi.

“Ini suatu kehormatan. Saya selalu ingin maju dan membantu tim untuk menciptakan peluang sebanyak mungkin,” kata Alexander-Arnold atas rekor barunya tersebut.

"Semuanya tentu saja berkat bantuan rekan satu tim yang mencetak gol ke gawang, karena sepakbola adalah permainan tim dan tanpa mereka, rekor ini tidak akan mungkin tercapai," tandasnya.

Trent Alexander-Arnold mengantarkan The Reds mengangkat trofi Piala Super Eropa pada Juni lalu, berselang sebulan usai kemenangan Liverpool di Liga Champions.

Menariknya lagi, bintang berkebangsaan Inggris ini masuk ke tim terbaik Liga Champions musim ini dan tim terbaik PFA. Dia membantu Liverpool memuncaki klasemen sementara Liga Inggris 2019-2020, unggul delapan poin dari jawara bertahan Manchester City.