Liga Inggris

3 Pertandingan Berturut Cleansheet, Van Dijk dan Joe Gomez Jadi Pasangan Bek Terbaik Liverpool?

Jumat, 3 Januari 2020 21:48 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Virgil van Dijk dan Joe Gomez mampu menghadirkan tiga cleansheet berturut buat Liverpool di Liga Inggris. Apakah mereka pasangan bek terbaik The Reds? Copyright: © Getty Images
Virgil van Dijk dan Joe Gomez mampu menghadirkan tiga cleansheet berturut buat Liverpool di Liga Inggris. Apakah mereka pasangan bek terbaik The Reds?

INDOSPORT.COM - Virgil van Dijk dan Joe Gomez mampu menghadirkan tiga cleansheet berturut buat Liverpool di Liga Inggris. Apakah mereka pasangan bek terbaik The Reds?

Dipasangkan sebagai dua palang pintu Liverpool bersama Virgil van Dijk akibat cederanya Dejan Lovren dan Joel Matip, Joe Gomez justru mampu menjawab kepercayaannya dengan luar biasa.

Terbaru, duet Joe Gomez bersama Van Dijk mampu menghadirkan cleansheet atau tak kebobolan dalam tiga pertandingan Liverpool terakhir di Liga Inggris.

Jika dilihat musim ini, catatan cleansheet Liverpool itu menjadi hal yang spesial. Sebab meski tak tergoyahkan di puncak klasemen Liga Inggris, di awal-awal kompetisi, Liverpool masih sering kebobolan dari lawan-lawannya saat memenangkan pertandingan.

Hadirnya catatan bagus Joe Gomez sebagai tandem duet Van Dijk ini juga menjadi menarik untuk melihat kedepannya nanti. Apakah Joe Gomez bisa mengalahkan rekan sekaligus pesaingnya di lini pertahanan Liverpool, Dejan Lovren dan Joel Matip.

Untuk itu, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT membuatkan komparasi statistiknya. Mana duet lini belakang Liverpool yang paling sedikit kebobolan di musim ini.

Joe Gomez - Van Dijk Paling Banyak Hadirkan Cleansheet

Termasuk catatan cleansheet di tiga pertandingan terakhir Liverpool, duet Joe Gomez dan Virgil van Dijk sejauh ini telah menghadirkan total lima cleansheet buat klub berjuluk The Reds itu.

Lima cleansheet itu tercipta dalam total sembilan kali keduanya berduet. Sementara di empat pertandinagn sisanya, Joe Gomez dan Van Dijk total kemasukan enam gol. Jadi jika dihitung rata-rata, duet Joe Gomez dan Van Dijk hanya mencatatkan 0,6 gol kemasukan per pertandingannya.

Angka tersebut jauh lebih baik dari duet Joel Matip dan Virgil van Dijk, yang menjalani jumlah pertandingan sebanyak sembilan kali.

Dalam jumlah itu Matip dan van Dijk kemasukan 10 gol dan hanya bisa mencatatakan dua cleansheet. Rataan kemasukannya juga jelas tertinggal di angka 1,1 per pertandingannya.

Sama seperti duet Matip dan Van Dijk,  duet Dejan Lovren dan Virgil van Dijk juga mencatatakan total dua cleansheet dan kemasukan 10 gol. Tetapi sedikit lebih baik, Lovren dan Van Dijk menciptakan itu dalam total 11 pertandingan bersama. Sehingga dalam rataan, duet keduannya kemasukan 0,9 gol per pertandingan.

Dengan asumsi di atas, maka jelas terlihat memang duet antara Joe Gomes dan Virgil van Dijk menjadi pilihan yang paling bagus buat Liverpool di musim ini. Baik di Liga Inggris, Liga Champiosn maupun kompetisi lainnya. 

Namun satu yang harus juga diperhitungkan, asumsi tersebut diambil tanpa mempertimbangkan status dan kualitas lawan yang dihadapi oleh Liverpool saat ketiga pilihan pasangan itu dimainkan.

  • Matip - Van Dijk: 9 main, 10 kebobolan, cleansheet 2
  • Joe Gomez - Van Dijk: 9 Main, 6 kebobolan, cleansheet 5
  • Lovren - Van Dijk: 11 main, 10 kebobolan, cleansheet 2