Liga Indonesia

Jelang Kick Off, Intip Para Legiun Asing yang Berkarier di Liga 2 2020

Sabtu, 14 Maret 2020 17:24 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© cordobadeporte.com
Rafael Berges, dan Para Legiun Asing yang Berkarier di Liga 2 2020 Copyright: © cordobadeporte.com
Rafael Berges, dan Para Legiun Asing yang Berkarier di Liga 2 2020

INDOSPORT.COM - Jelang bergulirnya kick off pekan perdana Liga 2 2020, berikut daftar para legiun asing yang bakal berkarier di kompetisi kasta kedua Indonesia tersebut.

PT LIB sendiri sudah memastikan tanggal kick-off Liga 2 2020, yakni pada Sabtu mendatang dengan mempertemukan duel sengit antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra di Stadion Batakan.

Sebanyak 24 tim akan terbagi dalam dua wilayah, sama seperti musim lalu. Namun musim ini Liga 2 tidak memainkan babak 8 besar sehingga peringkat pertama langsung lolos ke kasta teratas Liga Indonesia, sementara para runner up saling tanding di babak play off.

Dari dua wilayah yang terbagi tersebut, beberapa tim dipastikan bakal diperkuat oleh legiun asing. PT LIB sendiri memang melarang penggunaan pemain asing di Liga 2 musim ini, namun tidak untuk sektor pelatih.

Sehingga cukup banyak tim-tim eks Liga 1 yang masih menggunakan pelatih asing lama mereka, dan berharap dapat memberikan prestasi di akhir musim Liga 2 2020.

Tercatat ada lima pelatih asing yang berkarier di Liga 2 2020, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas siapa-siapa saja pelatih tersebut dan tim mana yang akan mereka nahkodai.

1. Rafael Berges

Nama pertama adalah Rafael Berges, pelatih asal Spanyol tersebut tampaknya masih sangat betah tampil di kompetisi Liga Indonesia bahkan jika harus main di kasta kedua.

Rafael Berges di musim sebelumnya menjadi juru latih Mitra Kukar yang juga tampil di Liga 2, dan kini akan melanjutkan kiprahnya dengan memperkuat tim degradasi dari Liga 1, Badak Lampung.

2. Alfredo Vera

Berikutnya ada mantan pelatih Persebaya asal Argentina, Alfredo Vera yang musim ini akan melatih tim asal Kalimantan, Persiba Balikpapan.

Bersama Persebaya, dirinya sempat sukses dengan menghantarkan Bajul Ijo menjuarai Liga 2 2017 sekaligus promosi ke kasta teratas Liga Indonesia. Berbekal pengalaman tersebut, Persiba bisa berharap hasil positif bersama Alfredo Vera musim ini.

3. Marcelo Cirelli

Tim asal Kabupaten Biak Numfor, Papua yakni PSBS Biak bisa dikatakan beruntung lantaran mereka sukses menggaet pelatih jempolan di Liga 2 2020 bernama Marcelo Cirelli.

Mantan pemain Persebaya asal Argentina era 2010 tersebut diketahui punya lisensi mentereng yakni CONMEBOL A (ATFA-Argentina), atau sekelas dengan yang dipegang oleh kepala pelatih Bali United Stefano Cugurra.

Berbekal catatan sang pelatih tersebut, tampaknya PSBS bisa menjadi ancaman serius di Wilayah Timur bahkan tidak menutup kemungkin buat mereka untuk langsung promosi musim depan.

4. Raja Isa

Pelatih berikutnya juga cukup lama berkarier di Indonesia, yakni Raja Isa yang musim ini kembali main di Liga 2 dengan menukangi tim asal Sumatera, PSPS Riau.

Sebelumnya, pelatih kelahiran Malaysia tersebut telah banyak malang melintang di Liga Indonesia dan melatih sejumlah tim seperti Persikabo, PSMS Medan, Persipura Jayapura hingga PSM Makassar.

5. Eduardo Almeida

Terakhir ada pelatih asal Eropa, Eduardo Almeida yang mendapat tugas berat dan penting dengan membawa kembali Semen Padang ke kasta teratas Liga 1 musim depan.

Pelatih asal Portugal tersebut sejatinya telah dikontrak Semen Padang sejak Liga 1 musim lalu, namun sayang Eduardo tidak mampu menyelamatkan Kabau Sirah lepas dari degradasi dan akhirnya turun kasta ke Liga 2 musim ini.