Liga Indonesia

Starting XI Para Pemain Gaek Indonesia yang Aktif Bermain di Usia Senja

Kamis, 19 Maret 2020 19:12 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Starting XI Para Pemain Gaek Indonesia yang Aktif Bermain di Usia Senja Copyright: © INDOSPORT
Starting XI Para Pemain Gaek Indonesia yang Aktif Bermain di Usia Senja

INDOSPORT.COM - Masih aktif dan tetap bermain meski memasuki usia senja, berikut daftar starting XI yang berisikan para pemain senior Liga Indonesia.

Liga Indonesia musim 2019/20 sendiri tampaknya masih cukup ramah bagi para pemain gaek, terbukti banyak bintang berusia 30 tahun lebih yang bisa tampil serta menembus skuat utama.

Salah satu contoh paling nyata adalah kehadiran Alberto Goncalves, penyerang klub Madura United tersebut tetap menjadi andalan tim meski usianya sudah menyentuh 39 tahun.

Bahkan performa penyerang naturalisasi Brasil ini terbilang cukup impresif, tercatat pemain yang disapa Beto Goncalves itu telah mencetak tiga gol dari tiga pertandingan Liga 1 musim ini.

Tidak cuma Beto Goncalves, masih banyak lagi pemain dari posisi lain yang tetap berkompetisi di Liga Indonesia meski usia mereka tidak berada dalam masa emas.

Lantas siapa sajakah pemain senior yang masih aktif bermain tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, daftar starting XI para pemain gaek Liga Indonesia.

Penjaga Gawang

Pada posisi paling belakang alias penjaga gawang ditempati kiper Persib Bandung, I Made Wirawan. Pemain berusia 39 tahun tersebut terlihat masih mampu menahan gempuran tim lawan, hal tersebut cukup terbukti pada laga teranyarnya.

Menjadi starter saat menjamu PSS Sleman, kiper bertinggi 180 cm ini berhasil menjaga timnya dari kekalahan sekaligus membawa Persib meraih tiga kemenangan beruntun musim ini.

Pemain Bertahan

Menggunakan formasi 4-3-3, kuartet pemain senior Indonesia kali ini akan ditempati oleh Hamka Hamzah, Leonard Tupamahu, serta dua wingback yang diisi Supardi Nasir dan Yustinus Pae.

Duet bek tengah Hamka Hamzah dan Leonard Tupamahu tampaknya bakal membuat tim menjadi kokoh, terlebih bagi Leonard Tupamahu yang punya catatan apik bersama Bali United musim ini.

Tercatat pemain berusia 36 tahun tersebut telah bermain di semua kompetisi bersama Laskar Tridatu (Liga, Piala AFC, serta Kualifikasi Liga Champions Asia), bahkan di Liga 1 musim ini ia selalu turun tampil dan dua kali menjadi starter.

Pada sektor wingback, dua pemain senior Supardi Nasir dan Yustinus Pae tampaknya tidak mengalami penurunan performa meski usia mereka telah melewati 35 tahun musim ini.

Terbukti pelatih masing-masing pemain tetap mempercayai mereka untuk tampil di Liga 1 2020, bahkan keduanya mampu meraih kemenangan di partai terakhir.

Pemain Tengah

Trio pemain tengah bakal ditempati oleh Fadil Sausu, Ahmad Bustomi serta Raphael Maitimo. Ketiganya memang tidak seumur Supardi Nasir dan Yustinus Pae, namun mereka merupakan tiga gelandang tertua namun teraktif di Liga 1 2020.

Fadil Sausu dan Ahmad Bustomi misalnya, kedua gelandang yang telah berusia 34 tahun tersebut telah tampil di tiga pekan awal Liga 1 bahkan Fadil Sausu bermain di hampir semua laga Bali United musim ini.

Sementara Raphael Maitimo, meski baru mencatatkan satu penampilan namun pada laga debutnya bersama Persita ia langsung berhasil mencetak gol.

Catatan tersebut merupakan yang terbaik ketimbang gelandang senior lainnya musim ini, seperti Slamet Nurcahyono yang meski sukses membawa Madura United menang di laga terakhir, namun ia hanya tampil 15 menit sepanjang Liga 1 2020 dan belum berkontribusi gol.

Pemain Depan

Barisan penyerang akan ditempati Samsul Arif, Beto Goncalves, serta Herman Dzumafo. Khusus bagi  Beto Goncalves, ketajaman striker 39 tahun tersebut memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahkan di musim ini ia masih tetap bisa bersaing di daftar top skor.

Sementara Samsul Arif sejak beberapa musim terakhir tetap bisa menunjukkan tajinya, kini diusia yang telah menyentuh angka 35 tahun, perannya di lapangan sedikit berubah menjadi penyuplai umpan bagi striker muda Persita.

Terbukti dirinya selalu menjadi starter dalam tiga pertandingan terakhir Persita, dan berhasil menyumbangkan satu assist di Liga 1 musim ini.

Sedangkan Herman Dzumafo, di awal musim memang tajinya belum terlihat namun pelatih Bhayangkara FC tampak masih mempercayai penyerang 38 tahun ini. Terbukti dirinya telah tampil sebanyak dua kali musim ini, walaupun harus memulai dari bangku cadangan.

Lebih Lengkapnya Berikut Starting XI Para Pemain Gaek Indonesia yang Aktif Bermain di Usia Senja:

I Made Wirawan (GK/39);
Supardi Nasir (FB/36), Hamka Hamzah (36/CB), Leonard Tupamahu (CB/36), Yustinus Pae (FB/36);
Fadil Sausu (CM/34), Raphael Maitimo (AM/35), Ahmad Bustomi (CM/34);
Samsul Arif (SS/35), Herman Dzumafo (CF/39), Beto Goncalves (SS/39);

Formasi: 4-3-3

Ket:

  • (Posisi/Umur)