Bola Internasional

3 Fakta Dominik Szoboszlai, Wonderkid Hungaria yang Dibidik Milan

Senin, 20 April 2020 17:18 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Anthony Devlin/EMPICS/PA Images via Getty Images
Berikut ini merupakan 3 fakta menarik dari pemain RedBull Salzburg Dominik Szoboszlai, sang wonderkid ajaib asal Hungaria yang tengah dibidik AC Milan. Copyright: © Anthony Devlin/EMPICS/PA Images via Getty Images
Berikut ini merupakan 3 fakta menarik dari pemain RedBull Salzburg Dominik Szoboszlai, sang wonderkid ajaib asal Hungaria yang tengah dibidik AC Milan.

INDOSPORT.COM - Berikut ini merupakan 3 fakta menarik dari pemain RedBull Salzburg Dominik Szoboszlai, sang wonderkid ajaib asal Hungaria yang tengah dibidik AC Milan.

Szoboszlai masuk dalam radar belanja AC Milan karena memiliki permainan yang kokoh di lapangan tengah. Hal tersebut juga didukung oleh pelatih tim nasional Hungaria Marco Rossi.

"Saya yakin Szoboszlai bakal segera angkat kaki dari RB Salzburg. AC Milan diperkirakan akan menjadi destinasi berikutnya," ujar Rossi dikutip Football Italia.

Dalam laporan yang sama juga menyebutkan bahwa agen Szoboszlai tengah melakukan negosiasi dengan pihak AC Milan. RB Salzburg pun mematok harga yang cukup tinggi.

Szoboszlai dinilai seharga 30 juta Euro (Rp503 miliar). Hal ini dirasa cukup pantas untuk Szoboszlai karena bisa menjadi aset jangka panjang sebuah klub.

Bersama RB Salzburg, Szoboszlai sudah membuat 29 penampilan dan berhasil mencetak empat gol serta tujuh assists di musim ini sebelum akhirnya terhenti karenna wabah virus corona (COVID-19).

Szoboszlai digaet RB Salzburg sejak 16 Januari 2018 hingga 30 Mei 2022 mendatang. Szoboszlai memiliki market value sebesar Rp22 miliar (13,5 juta Euro) per 8 April 2020 berdasarkan Transfermarkt.

Kendati demikian ternyata ada beberapa fakta menarik yang bisa dicermati bersama penggila sepak bola akan perjalanan karier Szoboszlai. Berikut ulasannya.

1. Pemain Versitale

© Andreas Schaad/Bongarts/Getty Images
Pemain asal Hungaria milik RB Salzburg Dominik Szoboszlai. Copyright: Andreas Schaad/Bongarts/Getty ImagesPemain asal Hungaria milik RB Salzburg Dominik Szoboszlai.

Szoboszlai merupakan talenta muda berbakat yang berposisi sebagai pemain sayap kiri. Meski demikian dirinya bisa ditempatkan sebagai gelandang tengah ataupun serang.

Hal tersebut dibenarkan oleh pelatih RB Salzburg Rene Aufhauser yang menilai kalau Szoboszlai dapat mengisi beberapa posisi. Namun posisi terbaiknya ialah nomor 8.

"Dia paham caranya bermain di dalam sistem yang rapat dan teknik tendangan yang bagus. Szoboszlai ialah talenta hebat yang pernah saya asuh," ujar Aufhauser.

Sejumlah media ternama di beberapa negara kerap menyebut Szoboszlai sebagai penerus Paul Pogba, Toni Kroos, hingga Milinkovic-Savic akibat gaya bermain yang elegan.

2. Kagumi Liverpool

© FedeNerrazura
Dominik Szoboszlai diincar dua klub raksasa Italia. Copyright: FedeNerrazuraPemain RB Salzburg Dominik Szoboszlai.

Fakta berikutnya memperlihatkan kalau Szoboszlai diketahui sempat mengagumi klub Liga Inggris Liverpool kala RB Salzburg bersua pada pentas Liga Champions.

Szoboszlai pernah berujar kalau kepala pelatih Jurgen Klopp telah membuat babak baru dalam sejarah klub. Terlebih permainan Liverpool enak untuk ditonton.

"Secara sejarah, klub ini pernah menang secara dramatis melawan AC Milan (final Liga Champions 2005) dan itu sungguh luar biasa," papar Szoboszlai dinukil Irish Mirror.

Selain pelatih dan klub, Szoboszlai juga menilai kalau penyerang The Reds asal Brasil Roberto Firmino merupakan pemain yang sangat spesial.

3. Diincar Banyak Klub

© Alex Pantling - UEFA/UEFA via Getty Images
Pemain tim nasional Hungaria Dominik Szoboszlai. Copyright: Alex Pantling - UEFA/UEFA via Getty ImagesPemain tim nasional Hungaria Dominik Szoboszlai.

Selain AC Milan, sejauh ini Szoboszlai tengah diincar oleh banyak klub dari berbagai negara Eropa. Sebab Szoboszlai mempunyai performa yang dibutuhkan.

Pada awal musim 2019-20 lalu, Szoboszlai digembor-gemborkan bakal berlabuh ke klub Liga Inggris Arsenal untuk menggantikan Granit Xhaka yang sempat ingin hengkang.

Sementara itu, Szoboszlai juga masuk dalam radar Ajax Amsterdam, Juventus, Barcelona, Bayern Munchen, hingga Inter Milan. Kiranya itu deretan fakta dari sosok Szoboszlai.