Liga Indonesia

Nick Kuipers Berharap Kompetisi Kembali Bergulir

Senin, 18 Mei 2020 14:34 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek asing Persib Bandung, Nick Kuipers berharap kompetisi sepak bola Liga 1 2020 dapat bergulir kembali, setelah dihentikan sementara karena pandemi corona atau covid-19. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek asing Persib Bandung, Nick Kuipers berharap kompetisi sepak bola Liga 1 2020 dapat bergulir kembali, setelah dihentikan sementara karena pandemi corona atau covid-19.

INDOSPORT.COM - Bek asing Persib Bandung, Nick Kuipers berharap kompetisi sepak bola Liga 1 2020 dapat bergulir kembali, setelah dihentikan sementara karena pandemi corona atau covid-19. 

Menurutnya, keinginan agar kompetisi kembali bergulir diharapkan juga oleh banyak pihak mulai dari pemain hingga supporter. Apalagi, sudah dua bulan aktivitas sepak bola di Indonesia dihentikan, sehingga semuanya sudah rindu dengan lapangan hijau. 

Sebagai informasi, kompetisi Liga 1 2020 dihentikan sementara oleh PSSI sejak pertengahan Maret lalu, setelah memasuki pekan ketiga. 

"Tentunya, saya pikir ini yang terbaik bagi semuanya. klub, sponsor, pemain dan suporter jika Liga 1 dilanjutkan secepatnya," kata Nick. 

Pemain asal Belanda ini menambahkan, pertandingan tanpa penonton bisa menjadi opsi untuk memulai kembali kompetisi di tengah pandemi corona. 

Meski begitu, jika pandemi corona sudah berakhir, pemain yang bergabung dengan Persib di musim 2019 ini berharap Stadion bisa dipadati kembali oleh suporter. 

"Tapi saya pikir lebih bagus di awal dengan pertandingan tanpa penonton. Suporter bisa tetap di rumah dan menyaksikan laga dari televisi, tapi saya juga berharap ke depannya stadion bisa penuh lagi," harapnya. 

Sejauh ini, PSSI masih mengacu pada keputusan pertama yakni mengikuti anjuran pemerintah, tarkait keadaan masa darurat corona atau covid-19 di Indonesia. Yakni Liga dalam keadaan Kahar atau force majeure, sesuai status tanggap darurat dari BNPB dan surat keputusan nomor 48 tahun 2020 masih berlaku hingga 29 Mei 2020.

Jika status tanggap darurat diperpanjang, maka kemungkinan kompetisi dihentikan total dan ada wacana menggelar turnamen, sebagai penganti Liga. 

"Jika kami bisa memainkan turnamen di sisa tahun ini (seperti apa yang mereka katakan), maka kami juga tentunya bisa memainkan liga," ungkapnya. 

Sementara itu, sebelum kompetisi dihentikan, Persib sudah melakoni tiga pertandingan di Liga 1 2020 dan berhasil meraih poin penuh, setelah menaklukkan Persela Lamongan, Arema FC dan PSS Sleman.