Liga Inggris

Mikel Arteta Sesalkan Banyak Peluang Arsenal yang Terbuang

Rabu, 8 Juli 2020 15:47 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© David Price/Arsenal FC via Getty Images
Mikel Arteta buka suara soal hasil imbang yang diperoleh Arsenal ketika lawan Leicester City di Liga Inggris, Rabu (08/07/20). Copyright: © David Price/Arsenal FC via Getty Images
Mikel Arteta buka suara soal hasil imbang yang diperoleh Arsenal ketika lawan Leicester City di Liga Inggris, Rabu (08/07/20).

INDOSPORT.COM - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, menyesalkan dengan banyaknya peluang yang terbuang di laga saat melawan Leicester City dalam jadwal lanjutan Liga Inggris.

Dalam laga tersebut, Arsenal harus puas dengan hasil imbang 1-1 saat melawan Leicester City di Emirates Stadium pada Rabu (08/07/20) dini hari WIB dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris musim 2019-2020.

Saat pertandingan berlangsung, tim tuan rumah berhasil membuat gol pembuka pada menit ke-21 melalui kontribusi dari Pierre-Emerick Aubameyang. Namun, Leicester City berhasil menyamakan kedudukan lewat Jamie Vardy pada menit ke-84.

Jika dilihat secara keseluruhan, penampilan dari Arsenal sendiri sudah bermain sangat baik dan lebih mengancam ketimbang tamunya tersebut, setidaknya sebelum Eddie Nketiah dihadiahi kartu merah oleh wasit pada menit ke-75.

Pasukan dari Mikel Arteta mampu mencatatkan 11 tendangan dari total keseluruhan dalam laga tersebut, dengan tujuh di antaranya mengarah ke gawang dan sisanya melenceng dari target.

Setelah gol yang dicetak Pierre-Emerick Aubameyang, Arsenal sempat punya kans lain dari Bukayo Saka, Alexandre Lacazette, dan Hector Bellerin. Tapi peluang yang didapatkan ini harus kandar di tangan penjaga gawang Leicester City, Kasper Schmeichel.

Sang pelatih, Mikel Arteta, melihat dua poin yang hilang ini merupakan kesalahan dari Arsenal sendiri, karena gagal meuntaskan kesempatan yang ada di depan mata untuk menambahkan gol untuk The Gunners.

“Kami kehilangan dua poin. Saya rasa kami layak memenangi pertandingan. Tapi ketika Anda punya peluang-peluang, Anda harus memaksimalkannya,

"Tiga atau empat kosong, pertandingannya sudah berakhir. Kami harus bermain dengan 10 orang untuk waktu yang lama,” kata Mikel Arteta kepada BBC.

Meski bermain imbang melawan Leicester City, mantan asisten Pep Guardiola ini masih bisa mengambil hal positif dari anak asuhnya. Ia menganggap mereka sudah semakin berkembang dan bermain sangat bagus selama dilanjutkannya kembali Liga Inggris.

“Anak-anak bermain sangat baik, apresiasi buat mereka. Saya sangat bangga. Kami memetik hal positif di sini, terus berkembang, dan berusaha lagi melawan Tottenham untuk meraih kemenangan,” tambahnya.

Mengenai kartu merah yang didapatkan anak asuhnya, Mikel Arteta berpandangan bahwa pemain Leicester City seharusnya juga mendapatkan kartu merah pada menit akhir sebelum berakhirnya pertandingan babak pertama.

Tidak dijelaskan secara spesifik, tapi Mikel Arteta juga menyebut bahwa kartu merah Eddie Nketiah bakal jadi bahan evaluasi tim karena sudah cukup banyak pemain yang diusir sejak ia menjadi pelatih kepala di Arsenal.

Dengan hasil tersebut, Arsenal berhasil menambahkan satu poin dan berada di posisi ketujuh klasemen sementara Liga Inggris musim 2019-2020 dengan mengumpulkan 50 poin. Sementara itu, Leicester harus digantikan posisinya oleh Chelsea dan saat ini berada di peringkat keempat.