Liga Indonesia

Marc Klok Jadikan Otavio Dutra Guru Bahasa Indonesia Dadakan

Senin, 13 Juli 2020 22:20 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© persija.id
Gelandang klub Liga 1 2020 Persija Jakarta, Marc Klok, merasa beruntung dapat satu kamar dengan Otavio Dutra. Copyright: © persija.id
Gelandang klub Liga 1 2020 Persija Jakarta, Marc Klok, merasa beruntung dapat satu kamar dengan Otavio Dutra.

INDOSPORT.COM - Gelandang klub Liga 1 2020 Persija Jakarta, Marc Klok, merasa beruntung dapat satu kamar dengan Otavio Dutra. Sebab, setidaknya ia bisa mendapat guru Bahasa Indonesia secara gratis.

Marc Klok memang disandingkan bersama Otavio Dutra bila Persija Jakarta melakukan laga away. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Klok untuk belajar.

Marc Klok memang terus belajar akan budaya, serta bahasa Indonesia. Dia pun menilai Otavio Dutra banyak membantu dirinya ketika belajar.

"Saya sekamar dengan Dutra. Dia orang baik dan tentunya lebih memahami Indonesia. Saya dapat belajar banyak bahasa Indonesia dari Dutra dan itu akan membantu saya," ujar Marc Klok.

Memang Klok tak salah pilih teman sekamar dan guru sekaligus. Sebab, Otavio Dutra memang sudah lama berkarir di kancah sepak bola Indonesia.

Setidaknya sudah 10 tahun lamanya Dutra bermain di Liga Indonesia. Bahkan, dia sudah menjadi seorang Warga Negara Indonesia sejak September 2019 lalu.

Sementara Marc Klok baru memulai karier di Indonesia pada tahun 2017 saat dia bermain untuk PSM Makassar. Dia baru bergabung dengan Persija mulai musim 2020.

Saat ini, Klok yang berdarah Belanda tengah menjalani proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia.

Proses naturalisasinya dikabarkan sudah mendekati tahap akhir. Berkasnya kini tengah diproses di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Jika sudah menjadi WNI, pemain berumur 27 tahun itu berhak memperkuat tim nasional Indonesia.

Persija Jakarta pun akan diuntungkan karena Marc Klok yang sudah menjadi WNI dapat memberikan slot untuk pemain asing baru di Liga 1 Indonesia.