In-depth

Mencari Solusi di Sektor Penjaga Gawang Timnas Inggris

Senin, 16 November 2020 14:40 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© TF-Images/Getty Images
Inggris gagal ke semifinal Nations League usai dibekap Belgia 0-2. Meski Jordan Pickford tak tampil terlalu buruk, Tiga Singa butuh solusi di sektor kiper. Copyright: © TF-Images/Getty Images
Inggris gagal ke semifinal Nations League usai dibekap Belgia 0-2. Meski Jordan Pickford tak tampil terlalu buruk, Tiga Singa butuh solusi di sektor kiper.

INDOSPORT.COM – Inggris gagal ke semifinal Nations League usai dibekap Belgia 0-2. Meski Jordan Pickford tak tampil terlalu buruk, Tiga Singa butuh solusi di sektor kiper.

Timnas Inggris harus mengubur asa lolos ke babak semifinal Nations League yang akan digelar tahun depan. Pasalnya, di matchday kelima di Liga A Grup 2, tim Tiga Singa itu harus kalah 0-2 dari Belgia, lewat gol Youri Tielemans dan Dries Mertens.

Kekalahan itu membuat Inggris dipastikan gagal finis sebagai pemuncak grup. Mereka kini tertahan di posisi tiga dengan tujuh poin, tertinggal lima poin dari Belgia yang ada di puncak dan tiga poin dari Denmark di peringkat kedua.

Dengan satu laga tersisa dan hanya juara grup yang lolos ke babak semifinal, asa Harry Kane dkk pun dipastikan sudah pupus.

Inggris sendiri memang tampil buruk di laga itu. Keputusan Gareth Southgate memainkan pola 3-4-3 dengan duo Jordan Henderson serta Declan Rice di lini tengah membuat mereka minim kreativitas. Satu-satunya ancaman konstan datang dari Jack Grealish yang mengisi posisi penyerang sayap kiri.

Selain itu, lini belakang pun tampil kurang memuaskan, seperti terlihat di gol pertama Belgia yang dipicu kesalahan Eric Dier.

Di sisi lain, meski tampil tak terlalu buruk di laga itu, desakan untuk mengistirahatkan Jordan Pickford dari posisi sebagai kiper nomor satu timnas Inggris kembali mengemuka.

Kiper Everton dinilai seharusnya bisa tampil lebih baik untuk menggagalkan gol pertama Belgia. Pasalnya, meski bola sepakan Tielemans sempat membentur kaki Tyrone Mings, Pickford masih sempat menepisnya meski akhirnya tetap masuk ke gawang.

Terlepas dari gol tersebut, Gareth Southgate harus segera mencari solusi di sektor penjaga gawang. Pasalnya, Pickford yang menjadi andalannya memang belum menunjukkan performa paten musim ini.

Catatan Daily Mirror menunjukkan kiper 26 tahun itu gagal mencatatkan cleansheet selama dua bulan terakhir, dan selalu kebobolan dua gol atau lebih dalam empat penampilan teranyarnya. Secara total, Pickford bahkan telah kemasukan 19 gol dari 11 penampilan terakhir.

Performa mengecewakan itu bahkan sempat membuatnya tergusur Robin Olsen ketika Everton berjumpa Newcastle dua pekan lalu, meski akhirnya ia kembali dimainkan saat menghadapi Manchester United seminggu kemudian.

Meski demikian, mencari pengganti Pickford di timnas Inggris bukan tugas mudah bagi Gareth Southgate. Pasalnya, dua kiper lain yang ada di skuat saat ini pun memiliki masalah masing-masing.

Seperti diketahui, Nick Pope gagal mengulang penampilan baik yang ia tunjukkan bersama Burnley musim lalu. Bersama The Clarets, ia sudah kebobolan 12 gol dari 7 laga Liga Inggris musim ini sehingga terjebak di peringkat kedua dari bawah.

Sementara itu, meski tampil gemilang bersama Sheffield United musim lalu, Dean Henderson tak mendapatkan menit bermain bersama Manchester United. Digadang bakal jadi pesaing David de Gea, Henderson musim ini baru tampil dua kali di Piala Liga dan sekali di Liga Champions.

Namun dengan menurunnya performa Pickford di timnas dan Everton, tidak ada salahnya bagi Southgate memberi kesempatan lebih banyak kepada Pope dan Henderson.

Dengan lini belakang yang lebih kokoh daripada Burnley, tidak menutup kemungkinan Pope akan tampil lebih baik di timnas dibandingkan klub. Sementara itu, dalam kasus Henderson, Southgate bisa berkaca pada Sergio Romero yang jadi cadangan di Manchester United tapi jadi kiper utama timnas Argentina.

Opsi lain yang bisa ditempuh adalah mencari alternatif di luar ketiga nama di atas. Meski demikian, pilihan ini juga terbilang sulit karena minimnya pilihan yang tersedia.

Dari sejumlah kiper asal Inggris di Liga Inggris, hanya Karl Darlow (Newcastle) dan Alex McCarthy (Southampton) yang punya rataan kebobolan lebih baik daripada Pope dan Pickford. Namun, keduanya minim penampilan di level internasional.

Bagaimanapun, Gareth Southgate harus segera menemukan solusi bagi krisis ini, jika ingin Inggris tampil gemilang di Piala Eropa musim depan. Dengan waktu yang masih tersisa enam bulan lebih, ini waktu yang tepat untuk memberi kesempatan kepada kiper-kiper selain Jordan Pickford.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%