Liga Indonesia

Striker Muda Italia Belajar Bahasa Indonesia: Penasaran Wisata Kuliner

Senin, 25 Januari 2021 14:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Hampir dua bulan tinggal bersama di Inggris dalam program Garuda Select 3, Lorenzo Berra mengaku sudah bisa memahami beberapa istilah dan kosakata dalam Bahasa Indonesia.

Sebanyak 21 pemain muda Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan (TC) secara intensif dan laga uji coba di Inggris dalam program Garuda Select 3. Kemudian, ada dua pemuda sala Italia yang ikut bergabung.

Ada pun dua pemain Italia itu berasal dari akademi Como FC U-18, yakni Lorenzo Berra dan Elia Di Guiliomaria. Keduanya mengaku tak ada kendala komunikasi, bahkan turut mempelajari Bahasa Indonesia.

“Saya belajar beberapa kata seperti "lagi", "satu", dan "bagus sekali". Kata-kata itu cukup membantu saya baik di dalam maupun luar lapangan,” ungkap Lorenzo Berra dalam situs resmi Garuda Select.

“Biasanya kami menghabiskan waktu di luar lapangan dengan bermain console game atau menonton sepak bola. Jadi, kata-kata tadi memang berguna untuk komunikasi sehari-hari," tambah striker berusia 18 tahun itu.

Rasa penasaran Lorenzo Berra terhadap Indonesia semakin besar. Striker kelahiran Kota Milan itu pun 'kepo' dengan makanan khas dari Indonesia, dan berharap bisa mencicipi masakan lokal suatu saat nanti.

Tidak hanya Lorenzo yang jadi tahu tentang beberapa kosakata dalam Bahasa Indonesia, Noval Junior dkk. juga tertarik mempelajari Bahasa Italia, di samping bahasa Inggris yang digunakan sehari-hari bersama pelatih.

“Tidak hanya bahasa, saya juga jadi tahu kebiasaan-kebiasaan orang Italia, mulai dari cara bicara, reaksi ketika takjub, dan sebagainya. Saya juga sempat tanya, di Italia itu orang-orangnya seperti apa,” ungkap Noval Junior.

Pelatih berharap kehadiran pemain asing dalam skuat Garuda Select bisa membantu para pemain untuk beradaptasi dengan budaya asing, sekaligus bekal jika ingin berkarier di luar negeri, khususnya Eropa.