In-depth

Duel Antarlini Juventus vs AS Roma di Serie A Italia: Ronaldo Ditantang Wonderkid Real Madrid

Sabtu, 6 Februari 2021 10:56 WIB
Editor: Coro Mountana
© David Ramos/Getty Images
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol di laga Barcelona vs Juventus Copyright: © David Ramos/Getty Images
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol di laga Barcelona vs Juventus

INDOSPORT.COM – Il Grande Partita bakal tersaji dalam lanjutan Serie A Liga Italia pada Minggu (07/02/21) dini hari WIB antara Juventus vs AS Roma, bagaimana duel antarlini nantinya?

Duel antara Juventus vs AS Roma memang akan selalu panas, mengingat persaingan keduanya yang sudah begitu mengakar sejak dulu. Meski rivalitas Juventus dengan AS Roma tidak sepanas ketika harus bertemu Inter Milan, tapi tetap saja duel nanti dipastikan bakal menarik.

Apalagi posisi kedua tim kini hanya terpaut 1 poin saja dengan AS Roma berada di posisi 3, sedangkan Juventus di 4. Dengan kata lain, siapapun yang bisa mengambil kemenangan nanti, berkesempatan besar untuk membuka peluang bersaing dengan AC Milan di puncak klasemen.

Duel Juventus vs AS Roma akan semakin seru dengan fakta kedua tim dipenuhi banyak pemain bintang di setiap lininya. Lantas bagaimana pertarungan antarlininya? Kami mencoba memberikan gambaran peta pertarungannya dengan tajuk Cristiano Ronaldo yang akan ditantang wonderkid Real Madrid.

Kiper

Wojciech Szczesny vs Antonio Mirante

Untuk posisi kiper, kita akan disuguhkan duel menarik antara Wojciech Szczesny vs Antonio Mirante. Jika kita melihat dari perbandingan kekuatan dan statistik menurut Squawka, terlihat jelas jika Szczesny lebih unggul sedikit ketimbang Mirante.

Setidaknya, Szczesny jauh lebih unggul dalam hal membantu membangun serangan dengan umpan akurat, duel udara, persentase banyaknya saves hingga kemampuan mengantisipasi tendangan jarak jauh. Tapi, Mirante bukannya tanpa sisi positif juga.

Setidaknya dalam hal menyelamatkan penalti, kebobolan dari jarak dekat hingga cleansheets, Mirante jauh lebih unggul. Tapi secara overall, Szczesny lebih komplet karena bisa membantu serangan juga, tidak seperti Mirante yang benar-benar kiper konvensional.

Bek

Matthijs de Ligt vs Marash Kumbulla

Untuk duel di lini belakang, kami melihat peforma Matthijs de Ligt dengan Marash Kumbulla akan menjadi pusat perhatian. De Ligt seperti yang kita tahu merupakan salah satu bek muda terbaik Eropa, sedangkan Kumbulla sebelum ke AS Roma, sempat menarik perhatian AC Milan.

Ketika kami mencoba membandingkan peformanya ke dalam statistik sederhana, ternyata De Ligt memang masih unggul jauh dari segala faktor. Bisa dikatakan, Kumbulla hanya unggul dalam sisi intersep bola saja.

Tapi data ini juga berarti, tipikal Kumbulla yang lebih sebagai petarung memungkinkannya lebih unggul dari sisi intersep dibanding De Ligt. Namun ketenangan De Ligt dalam menjaga area pertahanannya, jelas membuat dia jauh lebih unggul dari segala aspek ketimbang Kumbulla.