In-depth

Duel Antarlini PSG vs Bayern Munchen di Liga Champions: Kejar Efektivitas

Selasa, 13 April 2021 19:32 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Paris Saint-Germain (PSG) mendapat giliran menjamu Bayern Munchen di leg kedua babak perempatfinal Liga Champions 2020-2021 yang dihelat pada Rabu (14/04/21) dini hari WIB. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Paris Saint-Germain (PSG) mendapat giliran menjamu Bayern Munchen di leg kedua babak perempatfinal Liga Champions 2020-2021 yang dihelat pada Rabu (14/04/21) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Paris Saint-Germain (PSG) mendapat giliran menjamu Bayern Munchen di leg kedua babak perempatfinal Liga Champions 2020-2021 yang dihelat pada Rabu (14/04/21) dini hari WIB di Stadion Parc des Princes. 

PSG menatap laga leg kedua dengan semangat tinggi setelah menang 3-2 di markas Bayern Munchen pada leg pertama. Kylian Mbappe dkk juga baru saja menang telak 4-1 atas Strasbourg di Ligue 1. 

Untuk bisa lolos, PSG cukup meraih hasil imbang, atau pun kalah namun tak lebih dari kebobolan satu gol. Sebaliknya, Bayern Munchen wajib menang atas PSG dengan dua gol tanpa balas, atau minimal selisih dua gol.

Dalam laga ini, PSG bisa menurunkan bintang-bintang terbaiknya. Duet Kylian Mbappe dan Neymar Jr. di lini serang masih akan diandalkan oleh Mauricio Pochettino. 

Sementar untuk lini belakang, Keylor Navas masih berdiri di bawah gawang. Navas akan dikawal oleh duet Kurzawa dan Kimpembe di pos bek tengah. 

Sementara Munchen agak sedikit pincang di laga ini. Pelatih Hansi Flick masih belum bisa menurunkan Robert Lewandowski yang cedera. Mereka juga terancam kehilangan Kingsley Coman. 

Posisi ujung tombak pun akan diserahkan kepada striker pelapis, Chupo-Moting. Meski begitu, Munchen masih akan diperkuat bintang-bintang utama mereka seperti Thomas Muller, Joshua Kimmich, sampai Manuel Neuer.

Pertandingan diprediksi tak jauh berbeda dengan leg pertama, bedanya Munchen akan tampil lebih agresif di laga ini. Lalu, bagaimana kedua tim akan bertarung dini hari nanti? Berikut ulasannya. 

Duel Antarlini PSG vs Bayern Munchen

FORMASI

PSG (4-2-3-1) 
Bayern Munchen (4-2-3-1)

KIPER

Sektor penjaga gawang tak akan berbeda dari leg pertama. Bayern Munchen akan memainkan Manuel Neuer, sementara PSG akan menurunkan Keylor Navas. Jujur saja, untuk saat ini, bisa dikatakan Neuer dan Navas merupakan kiper-kiper terbaik dunia. 

Kita sudah melihat betapa bagusnya positioning Neuer, ia dengan ketenangannya, beberapa kali mampu mematahkan upaya lawan bahkan saat one on one sekali pun. Begitu pun dengan Navas yang juga sedang on fire. Menahan penalti Lionel Messi adalah buktinya.

Dari statistik pun, keduanya berimbang jadi sulit untuk melihat siapa yang bakal lebih unggul. Satu hal yang pasti, Neuer akan mewakili kiper modern yang bisa mendistribusikan bola, sedangkan Navas adalah contoh terbaik bagaimana hebatnya reflek kiper tradisional.

BEK

Berangkat ke posisi bek, di sana ada Niklas Sule untuk Bayern Munchen dan Marquinhos di PSG. Jika ingin mencari titik lemah Bayern Munchen, maka menurut kami itu ada di lini belakang.

Bahkan Niklas Sule yang saat ini jadi bek tengah terbaik Bayern Munchen saja, masih memiliki kelemahan berupa larinya yang lambat. Ini berbeda dengan PSG yang punya Marquinhos, kepemimpinannya sudah bisa menggantikan Thiago Silva.

Jadi dari sisi bek, PSG seharusnya lebih kuat ketimbang Bayern Munchen, belum lagi mereka ada Presnel Kimpembe yang punya body balance luar biasa. Hanya saja, untuk bek sayap, jelas Bayern Munchen lebih baik berkat adanya Alphonso Davies.