Bola Internasional

Dimulai Agustus 2021, Begini Fakta Lengkap Liga Super Eropa

Senin, 19 April 2021 07:30 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COMLiga Super Eropa (European Super League) mulai digelar Agustus 2021, dengan 12 klub Liga Inggris, Serie A, dan LaLiga bakal ikut. Bagaimana fakta lengkapnya?

Kabar menggemparkan datang dari sepak bola Eropa, Senin (19/04/21) dini hari WIB. Sebanyak 12 klub elite Eropa (6 dari Liga Inggris, 3 Serie A Italia, dan 3 LaLiga Spanyol), resmi mengumumkan pembentukan kompetisi baru bertajuk Liga Super Eropa (European Super League).

"AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur telah bergabung sebagai klub pendiri,” tulis pernyataan resmi kompetisi tersebut seperti dilansir Sky Sports.

"Diperkirakan tiga klub lagi akan bergabung menjelang musim perdana, yang dimaksudkan untuk dimulai secepat mungkin," lanjut pernyataan tersebut.

Pembentukan kompetisi baru ini diluncurkan dengan maksud untuk menyaingi kompetisi antarklub Eropa yang digelar oleh UEFA, yakni Liga Champions. Peluncurannya pun nyaris berbarengan dengan upaya UEFA untuk mengubah format Liga Champions dari 32 klub menjadi 36 klub.

Sebelum pengumuman resmi peluncuran Liga Super Eropa, UEFA sejatinya sudah melontarkan ancaman kepada para calon klub peserta. UEFA menyebut bahwa para klub tersebut nantinya akan dilarang bermain di tingkat domestik, Eropa, maupun dunia.

Tak hanya itu, para pemain yang bergabung dengan klub tersebut juga akan dilarang tampil membela tim nasional masing-masing.

Namun, para penggagas Liga Super Eropa mengabaikan ancaman tersebut dan justru resmi mengumumkan keikutsertaan mereka, hanya beberapa jam setelah UEFA melontarkan ancaman.

Tak hanya itu, jurnalis olahraga papan atas Tancredi Palmeri, menyebut AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur telah mengundurkan diri dari Asosiasi Klub Eropa (ECA).

Palmeri juga menyebut bahwa kompetisi anyar ini akan dimulai pada Agustus 2021 nanti, atau setelah gelaran Piala Eropa.