Bola Internasional

Kronologi Kegagalan Unai Emery di Arsenal: Pencampakkan karena Kesalahan Klub

Kamis, 29 April 2021 19:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Catherine Ivill/Getty Images
Unai Emery resmi dipecat Arsenal Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Unai Emery resmi dipecat Arsenal

INDOSPORT. COM - Leg pertama semifinal Liga Europa 2020/21 akan bergulir di mana Villarreal akan menjamu Arsenal di Estadio de la Ceramica. Dalam duel ini, nama Unai Emery akan menjadi sorotan mengingat memori yang ia miliki bersama The Gunners.

Semifinal Liga Europa 2020/21 mempertemukan Villarreal dan Arsenal. Aktor utama di laga ini tentu adalah Unai Emery, pelatih yang pernah menangani The Gunners dan kini menukangi The Yellow Submarine.

Jelang duel keduanya, Emery menjadi buah bibir karena ia berpotensi membalaskan dendamnya atas pencapakkan yang dilakukan Arsenal pada 2019 lalu.

Setiap outlet mengabarkan dan mengupas kisah Emery bersama Arsenal. Hal ini wajar mengingat pencampakkan tersebut terjadi belum lama ini.

Menyebut apa yang dialami Unai Emery sebagai bentuk pencampakkan oleh Arsenal bukanlah hisapan jempol belaka. Hal ini diakui pelatih yang kini menukangi Villarreal tersebut.

Dari sudut pandang Emery, Arsenal telah mencampakkannya karena tak memberikannya perlindungan semasa berada di Emirates Stadium.

“Di setiap klub, saya selalu dilindungi. Di Lorca, Almeria, Valencia, PSG. Di Sevilla, saya punya Monchi. Di PSG, ada Nasser Al-Khelaifi melindungiku di ruang ganti dan di depan media. Di Arsenal, mereka tak melakukannya,” tutur Emery.

Tak ada perlindungan ini menjadi cikal bakal pencampakkan yang diterima Emery di Arsenal. Padahal, sebelumnya ia adalah sosok Messiah yang mampu membawa The Gunners ke final Eropa keduanya sejak 13 tahun.

Lantas, bagaimana kronologinya sehingga Unai Emery didepak dari Arsenal? Berikut pengakuan pelatih yang kini menjadi pelatih kepala Villarreal tersebut.