Bola Internasional

Profil Klub Ligue 1 2019/20: PSG, Penguasa Prancis yang Incar Tahta Eropa

Jumat, 9 Agustus 2019 20:16 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Yohanes Ishak
© Twitter/@futpresso
Selebrasi Angel Di Maria kala mencetak gol pada laga Paris Saint-Germain (PSG) vs Rennes di final Piala Super Prancis, Sabtu (03/08/19). Copyright: © Twitter/@futpresso
Selebrasi Angel Di Maria kala mencetak gol pada laga Paris Saint-Germain (PSG) vs Rennes di final Piala Super Prancis, Sabtu (03/08/19).

INDOSPORT.COM – Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Prancis, Ligue 1 bakal segera dimulai pada 10 Agustus 2019 mendatang. Berikut adalah profil salah satu tim peserta Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) yang berlabel juara bertahan.

Jelang musim baru Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain yang berstatus sebagai juara bertahan tetap membenahi skuatnya. Hal itu karena beberapa pemain keluar karena habis kontrak seperti Gianluigi Buffon, Dani Alves, Giovani Lo Celso dan Adrien Rabiot.

Merespon kepergian para pemainnya tersebut, PSG langsung bergerak cepat. Per 9 Agustus 2019, Les Parisiens sudah mendatangkan enam pemain. Tak tanggung-tanggung, PSG berhasil mengamankan dua nama gelandang dari Liga Primer Inggris, Ander Herrera dari Manchester United dan Idrissa Gueye dari Everton.

Selain dua nama itu, PSG juga mendatangkan pemain di posisi belakang, yakni Abdou Diallo dan Mitchel Bakker. PSG yang was-was kehilangan Neymar juga mendatangkan alternatif pemain yakni, Pablo Sarabia dari Sevilla.

Nama-nama baru yang didatangkan PSG tersebut akan melengkapi skuat ‘mewah’ asuhan Thomas Tuchel. Mantan pelatih sepak bola Borussia Dortmund tersebut akan tetap mengandalkan Kylian Mbappe, Edinson Cavani, Marco Verrati, Thiago Silva, dan Angel Di Maria.

© Jean Catuffe/Getty Images
Thomas Tuchel melakukan selebrasi pada laga melawan Lille OSC di Stade Pierre Mauroy,(14/04/19). Jean Catuffe/Getty Images Copyright: Jean Catuffe/Getty ImagesThomas Tuchel, pelatih PSG.

Sukses menjadi penguasa Ligue 1 Prancis karena meraih enam trofi dalam tujuh tahun terakhir, nyatanya PSG masih mendapatkan kritik tajam. Kritik itu datang karena klub yang bermarkas di Parc des Princes ini masih menjadi tim ‘ayam sayur’ di kompetisi Liga Champions.

Bagaimana tidak, musim 2018/19 PSG superior di Ligue 1 Prancis. Buktinya jarak poin PSG dari peringkat kedua klasemen Ligue 1 Prancis, yakni Lille memiliki gap sampai 16 poin.

PSG mengumpulkan 91 poin dari total 38 pertandingan, sedangkan Lille hanya berhasil meraih 75 poin. Prestasi cemerlang PSG di Ligue 1 Prancis berbanding terbalik karena mereka hanya mentok di Liga Champions.

PSG tereliminasi dari Liga Champions 2018/19 oleh Manchester United yang musim lalu juga sedang terpuruk di Liga Primer Inggris. Prestasi terbaik PSG di Liga Champions yaitu saat menembus perempatfinal pada periode 2013 hingga 2016. Bahkan dalam tiga musim terakhir ini Les Parisiens hanya mampu mencapai babak 16 besar saja.

Oleh sebab itu, Thomas Tuchel yang berhasil mempersembahkan gelar Ligue 1 Prancis di musim perdananya masih memiliki pekerjaan rumah. Bahkan sebelum musim 2018/19 berakhir saja, Tuchel sudah menegaskan bahwa tujuan utama PSG ke depan adalah untuk meraih kesuksesan di Liga Champions. Meski demikian, pelatih berusia 45 tahun tersebut mengatakan PSG harus bersabar.

“Liga Champions adalah tujuan utama, tetapi Juventus saja juga menunggu waktu lama untuk memenangkannya meski mendominasi,” ucap Thomas Tuchel kepada Canal +. Berikut daftar skuat Paris Saint-Germain di musim 2019/20 per 9 Agustus 2019:

Kiper:

Alphonse Areola

Remy Descamps

Marcin Bulka

Pemain Belakang:

Marquinhos

Thilo Kehrer

Abdou Diallo

Presnel Kimpembe

Thiago Silva

Loic Mbe Soh

Layvin Kurzawa

Juan Bernat

Stanley Nsoki

Mitchel Bakker

Thomas Meunier

Colin Dagba

Pemain Tengah:

Leandro Paredes

Idrissa Gueye

Marco Verratti

Ander Herrera

Pablo Sarabia

Penyerang:

Neymar

Julian Draxler

Angel Di Maria

Kylian Mbappe

Edinson Cavani

Eric Maxim Choupo-Moting

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%