Bola Internasional

Bukan Egy Maulana, Mari Intip Sosok Messi Turki yang Dibidik Manchester United

Kamis, 16 Mei 2019 16:38 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Eli Suhaeli/INDOSPORT/The Liverpool Offside
Bukan Egy Maulana, Ini Sosok Messi Turki (Abdulkadir Omur) yang dibidik Manchester United. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT/The Liverpool Offside
Bukan Egy Maulana, Ini Sosok Messi Turki (Abdulkadir Omur) yang dibidik Manchester United.

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini Manchester United dikabarkan membidik 'Messi' asal Turki bernama Abdulkadir Omur dan bukan Egy Maulana Vikri.

Kabar Manchester United menginginkan jasa Abdulkadir Omur diembuskan oleh The Sun, dalam laporan yang diturunkan awal Mei 2019 lalu.

Lebih lanjut menurut Presiden Trabzonspor (klub Liga Turki) Ahmet Agaoglu kalau pemain mudanya, yaitu Abdulkadir Omur telah diintai banyak klub.

"Para pemain kami telah diawasi dengan ketat sejak lama. Hari ini, pengintai Manchester United dan Lille ada di pertandingan," jelas Ahmet.

Lebih lanjut Ahmet juga mengaku bangga bukan main kalau para pemain Trabzonspor saat ini berada dalam radar perburuan klub-klub sepak bola elite Eropa.

© INDOSPORT
Abdulkadir Omur (bawah), Pemain Trabzonspor. Copyright: INDOSPORTAbdulkadir Omur, Wonderkid Trabzonspor.

Saat ini, berdasarkan catatan Transfermarkt, harga Abdulkadir Omur tembus Rp16,4 miliar (90 juta poundsterling) per 4 Januari 2019.

Harga segitu tampaknya masih terjangkau bagi klub sekelas Manchester United. Rumornya pun menyebutkan kalau Omur bakal didaratkan pada bursa transfer musim panas ini.

Sebelumnya Manchester United juga dikabarkan telah mengintai talenta muda asal Indonesia Egy Maulana Vikri. Tentu akan menjadi pertimbangan bagi Manchester United untuk mendapatkan talenta berbakat.

Meski demikian alangkah baiknya kalau mengenal sedikit tentang sosok Abdulkadir Omur, talenta berbakat yang dijuluki Messi Turki ini.

Sudah Berbakat

© Sabah
Pemain muda incaran Liverpool dan Manchester United, Abdülkadir Omur. Copyright: SabahPemain muda incaran Liverpool dan Manchester United, Abdülkadir Omur.

Abdulkadir Omur lahir pada 25 Juni 1999 di Trabzon, Turki dan merupakan anak dari Mustafa Omur. Sejak kecil dirinya telah menunjukkan kebolehannya dalam mengolah si kulit bundar.

Talenta alaminya telah dipantau oleh pencari bakat Trabzonspor. Bahkan Omur diberi kesempatan untuk seleksi dalam sebuah pertandingan dan langsung bergabung di tim junior pada 2011.

Dengan postur tubuh 168 cm tak membuat Omur takut bermain di posisi sebagai winger kanan.

Kehebatan Abdulkadir ternyata mendapat julukan dari sang ayah, Mustafa Omur. Hal itu diutarakan melalui media massa Turki Haber61.

"Abdulkadir Omur adalah orang yang pekerja keras. Saya akan menyamakannya dengan (Andres) Iniesta," ujar Mustafa, Desember 2016 silam.

Dipanggil Timnas

© INDOSPORT
Abdulkadir Omur Copyright: INDOSPORTWonderkid Trabzonspor Abdulkadir Omur.

Setahun berselang, Omur mendapat panggilan untuk membela Timnas Turki U-14. Ia menjalani debutnya pada 15 Desember 2012 dengan mengoleksi dua penampilan.

Kemampuannya yang apik dalam menggiring, mengontrol, operan matang, visi yang bagus, serta kekuatan kaki kiri Omur dapat menjadi senjata mematikan.

Karier Omur di Timnas Turki pun perlahan-lahan naik, mulai dari U-15, U-15, U-17, U-18, U-19, dan U-20 pernah dilakoninya di berbagai ajang.

Puncaknya pada Maret 2018 lalu, Abdulkadir Omur akhirnya dipanggil Timnas Turki senior untuk menjalani laga uji coba melawan Republik Irlandia.

Akan tetapi dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Timnas Turki itu, ternyata Abdulkadir Omur hanya jadi penghangat bangku cadangan.

Tembus Tim Senior

© aksam.com.tr
Wonderkid Trabzonspor Abdulkadir Omur. Copyright: aksam.com.trWonderkid Trabzonspor Abdulkadir Omur.

Perjalanan Abdulkadir Omur bersama skuat junior Trabzonspor juga mengalami kenaikan pesat. Hal ini dikarenakan kemampuannya yang begitu di atas rata-rata rekan sejawat Omur.

Omur dipromosikan ke skuat utama Trabzonspor pada 12 Januari 2016 saat bermain di Turki Cup melawan Adanaspor. Ia menggantikan Soner Aydogdu pada menit ke-65.

Lalu pada 17 Desember 2016, Omur melakukan debut perdana di Super Lig Turki saat melawan Istanbul Basaksehir. Omur menggantikan Serge Akakpo pada menit ke-82.

Beberapa hari berselang, Omur sukses membuat gol perdana bersama skuat utama Trabzonspor di babak grup Turki Cup melawan Kizilcabolukspor pada menit ke-35 dan menang 5-0.

Hingga saat ini, Abdulkadir Omur telah membuat 54 penampilan dengan mengemas enam gol di seluruh ajang kompetisi sepak bola yang pernah diikutinya.

Terendus Klub Elite Eropa

© tothelaneandback.com
Pemain muda Trabzonspor Abdulkadir Omur. Copyright: tothelaneandback.comPemain muda Trabzonspor Abdulkadir Omur.

Kemampuan Omur terendus oleh klub-klub elite Eropa pada awal Januari 2019 lalu Liverpool hingga Manchester United, Liverpool, Tottenham Hotspur, hingga Lille.

Bahkan Liverpool diberitakan telah begitu dekat untuk mendaratkan Omur di Anfield Stadium. Rumor tersebut pun dijawab oleh Omur tanpa ragu.

"Hal yang paling penting adalah apa yang diminta Trabzonspor. Jika klub ingin saya pergi, maka saya pindah. Tetapi kalau bertahan, maka saya akan tetap di sini," ujar Omur dikutip CNN Turk, Januari 2019.

Dengan begitu tak menutup kemungkinan Manchester United bisa merekrutnya. Di satu sisi Manchester United tentu bisa mempertimbangkan untuk mendaratkan Egy Maulana Vikri ke Old Trafford.

Meski demikian pastinya ada regulasi akan pemain asing yang direkut klub-klub Liga Primer Inggris, mengingat liga tersebut sangat ketat akan aturan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%