In-depth

Termasuk Lilipaly, Ada 4 Bintang Timnas Indonsia yang Sering Bersua Thailand

Selasa, 10 September 2019 16:21 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herri Ibrahim/INDOSPORT
Ada empat pemain Timnas Indonesia yang sudah berkali-kali tanding menghadapi Thailand. Copyright: © Herri Ibrahim/INDOSPORT
Ada empat pemain Timnas Indonesia yang sudah berkali-kali tanding menghadapi Thailand.

INDOSPORT.COM - Sejauh ini ada empat pemain Timnas Indonesia saat ini yang sering bersua Thailand dalam lima pertemuan terakhir kedua tim.

Pertandingan sepak bola antara Timnas Indonesia vs Thailand merupakan lanjutan laga kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Keduanya sendiri dijadwalkan saling berhadapan pada Selasa (10/09/19), pukul 19.30 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Menurut pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy anak asuhnya memiliki motivasi kuat untuk bisa segera bangkit kala melawan Thailand.

"Mungkin akan ada orang yang meragukan mereka, tapi pemain ingin memberi pembuktian," ujar Simon seperti dinukil laman resmi PSSI, Senin (09/09/19).

Sementara itu juru taktik Thailand, Akira Nishino menjelaskan kalau Timnas Indonesia tetap diwaspadainya, terlebih mereka memiliki pemain yang berkarier di sana.

"Indonesia sangat bagus punya beberapa pemain yang juga bermain di Liga Thailand," papar Akira pada kesempatan yang sama.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand merupakan laga ke-78 usai kedua tim bertemu pada 1957 silam. Bisa disebut kalau kedua tim memiliki sejarah panjang.

Kendati begitu ada hal lain yang begitu menarik untuk dibedah bersama. Karena sejauh ini ada empat pemain Timnas Indonesia saat ini yang sering bersua Thailand.

Kira-kira siapa saja pemain-pemain Timnas Indonesia yang dimaksud? Simak ulasan berikut ini. Mengingat Simon memanggil 23 pemain untuk ajang ini.

1. Stefano Lilipaly

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stefano Lilipaly akan mengeksekusi bola dalam sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (20/09/19). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTStefano Lilipaly akan mengeksekusi bola dalam sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (20/09/19).

Pemain Timnas Indonesia pertama yang sering bersua dengan Thailand ialah gelandang Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi asal Belanda itu pertama kali dipanggil Timnas Indonesia pada 2013 silam.

Pertemuan pertama Lilipaly dengan Thailand terjadi pada ajang Piala AFF 2016 silam, tepatnya pada fase Grup A. Lilipaly dipercaya tampil starter tetapi Timnas Indonesia kalah 2-4 kala itu.

Lalu pada laga kedua, Lilipaly juga turun sebagai starter dan berhasil membawa Timnas Indonesia menang 2-1 dari Thailand ia ajang final leg pertama Piala AFF 2016.

Akan tetapi pada laga ketiga (tepatnya final leg kedua Piala AFF 2016), Lilipaly gagal membawa Timnas Indonesia menang dari Thailand usai kalah 0-2.

Kemudian di Piala AFF 2018 lalu, Lilipaly juga dipercaya turun sejak awal. Namun kembali gagal membawa Timnas Indonesia menang dari Thailand (skor 2-4).

Terakhir, Lilipaly diprediksi bakal diturunkan oleh pelatih Simon pada laga melawan Thailand nanti. Sebab Lilipaly merupakan pemain inti Timnas Indonesia.

2. Hansamu Yama Pranata

© www.affsuzukicup.com
Hansamu Yama mengontrol bola saat melawan Timor Leste Copyright: www.affsuzukicup.comHansamu Yama mengontrol bola saat melawan Timor Leste.

Berikutnya ada bek Timnas Indonesia Hansamu Yama Pranata yang juga sering tampil dan bersua Thailand dalam lima edisi terakhir.

Pada pertemuan pertama yang membuat Timnas Indonesia kalah 2-4 dari Thailand, Hansamu hanya duduk sebagai pemain cadangan saja selama 90 menit di Piala AFF2016.

Pertemuan kedua, Hansamu tampil sebagai starter dan sukses mencetak gol yang membuat Timnas Indonesia menang 2-1 dari Thailand di final leg pertama Piala AFF 2016.

Hansamu juga bermain sejak awal lagi ketiga final leg kedua Piala AFF 2016. Meski begitu dirinya tak bisa menghindari Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Thailand.

Di Piala AFF 2018, Hansamu juga dipercaya turun sejak menit awal ketika Timnas Indonesia bersua Thailand. Namun dirinya gagal membawa kemenangan usai takluk 2-4.

Kini pada pertandingan yang berlangsung nanti malam, tampaknya Hansamu disiapkan untuk tampil oleh pelatih Simon McMenemy kala bersua Thailand.

3. Evan Dimas Darmono

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Evan Dimas tengah mengeksekusi bola ke arah gawang Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTEvan Dimas tengah mengeksekusi bola ke arah gawang Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

Gelandang Timnas Indonesia Evan Dimas Darmono juga menjadi salah satu pemain yang sering bersua Thailand dalam lima pertemuan terakhir.

Pada Piala AFF 2016, Evan Dimas baru tampil pada babak kedua tepatnya menit ke-82 menggantikan Andik. Namun kehadirannya tak bisa menghindarkan Timnas Indonesi kalah 2-4 dari Thailand.

Pada final leg pertama Piala AFF 2016, Evan Dimas hanya dududk dibangku cadangan saja. Dirinya cuma bisa melihat Timnas Indonesia menang 2-0 atas Thailand.

Hal serupa juga dialami Evan Dimas ketika final leg kedua Piala AFF 2016. Dirinya hanya duduk dibangku cadangan dan melihat Timnas Indonesia tunduk 0-2 dari Thailand.

Baru pada Piala AFF 2018, Evan Dimas dipercaya turun sebagai starter. Namun dirinya gagal membawa Timnas Indonesia menang, karena takluk dari Thailand dengan skor 2-4.

Diprediksi, Evan Dimas bakal tampil atau kembali sebagai cadangan ketika bersua Thailand pada pertandingan malam hari ini.

4. Andritany Ardhiyasa

© andritany Verified
Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa saat mengheningkan cipta bersama Timnas. Copyright: andritany VerifiedKiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa saat mengheningkan cipta bersama Timnas.

Terakhir ada kiper Timnas Indonesia Andritany Ardhiyasa yang juga sudah lima kali bersua Thailand dalam berbagai kompetisi.

Pertemuan pertama, Andritany hanya duduk di bangku cadangan dan melihat Thailand melibas Timnas Indonesia dengan skor 2-4.

Di Piala AFF 2016, Andritany juga duduk sebagai pemain pengganti karena kalah pamor dari Kurnia Meiga. Andritany hanya menyaksikan Timnas Indonesia menang 2-0 dari Thailand.

Pada final leg kedua Piala AFF 2016, Andritany juga hanya duduk di bangku cadangan saja ketika Thailand menang 2-0 dari Timnas Indonesia.

Kemudian di Piala AFF 2018, Andritany juga duduk dibangku cadangan dan melihat Timnas Indonesia dibantai Thailand dengan skor 2-4.

Terakhir, Andritany tampaknya bakal menjalani debut perdana melawan Thailand pada laga nanti. Sebab indikasi dia bakal starter telah terlihat kala menghadiri konferensi pers.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%