In-depth

Bocoran Kekayaan Khabib Nurmagomedov: dari MMA Hingga Sponsor

Kamis, 21 Mei 2020 18:11 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mike Roach/Zuffa LLC via Getty Images
Berikut ini diprediksi merupakan bocoran kekayanan atlet Khabib Nurmagomedov, dari pendapatan tinju hingga sponsor sejauh ini. Simak. Copyright: © Mike Roach/Zuffa LLC via Getty Images
Berikut ini diprediksi merupakan bocoran kekayanan atlet Khabib Nurmagomedov, dari pendapatan tinju hingga sponsor sejauh ini. Simak.

INDOSPORT.COM - Berikut ini diprediksi merupakan bocoran kekayanan atlet Khabib Nurmagomedov, dari pendapatan tinju hingga sponsor sejauh ini. Simak.

Dengan nama lengkap Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov, pria dengan tinggi 178 cm ini lahir di Sildi, Dagestan, Rusia, 20 September 1988 (31 tahun).

Khabib sudah dari kecil menekuni dunia bela diri dan akhirnya memutuskan untuk menjadi atlet Mixed Martial Artist (MMA) di Ultimate Fighting Championship (UFC).

Khabib mengawali karier profesionalnya di MMA ketika bersua Visual Bayramov, 13 September 2008 di Poltava, Ukraina dan hasilnya meraih kemenangan.

Seiring berjalannya waktu, performa Khabib makin meningkat dan terus mendulang kemenangan demi kemenangan, meski belum meraih sebuah sabuk gelar.

Nama Khabib makin diperbincangkan ketika melawan Conor McGregor. Laga tersebut berjalan di Las Vegas, Amerika Serikat 6 Oktober 2018 silam.

McGregor harus takluk pada ronde ke-4 dengan waktu 3:03 menit dengan status neck crank dalam event UFC 229. Khabib pun mempertahankan sabuk kelas ringan UFC.

Dengan makin populernya Khabib, tentu saja bayaran yang diterima oleh pria muslim ini makin tinggi. Selain itu pasti ada sponsor yang juga mendukungnya.

Nilai-nilai tersebut membuat Khabib menjadi salah satu atlet muslim cukup kaya di dunia. Nah, menarik untuk melihat bocoran kekayaan Khabib seperti apa.

Upah Kala Bertarung

© Getty Images
Khabib Nurmagomedov, petarung UFC. Copyright: Getty ImagesKhabib Nurmagomedov, petarung UFC.

Khabib Nurmagomedov kini bisa dibilang mampu menghasilkan sedikitnya Rp5,7 miliar (550 ribu dolar AS) untuk setiap menit bertanding di UFC, dinukil dari Russia Beyond.

Meski begitu, Khabib ternyata sempat mendapatkan bayaran hanya Rp232 juta (16 ribu dolar AS) dalam beberapa pertarungan pertamanya di MMA.

Hasil tersebut ternyata masih tak bisa menutupi biaya operasional Khabib dalam melakukan sebuah persiapan sebelum laga, yaitu antara Rp145 juta hingga Rp217 juta (10-15 ribu dolar AS).

Lalu bayaran Khabib mengalami peningkatan, tepatnya pada 2014 silam, pria asal Rusia ini bisa mengantongi Rp928 juta (64 ribu dolar AS).

Puncak dari pendapatan Khabib didapat kala mengalahkan McGregor. Kala itu atlet 31 tahun ini bisa meraup hasil sampai Rp29 miliar (2 juta dolar AS).

Bahkan Khabib juga mendulang hak siar yang mencapai Rp145 miliar (10 juta Euro) dari laga tersebut. Hal tersebut juga sebenarnya mendapat potongan.

Lantaran ada biaya dimana Khabib harus melakukan segala persiapan jelang laga yang mencapai Rp580 juta (40 ribu dolar AS). Namun jumlah keuntungan lebih tinggi.

Adanya Sponsor

© lowking.pl
Khabib Nurmagomedov Saat Konfrensi Pers Copyright: lowking.plPetarung UFC Khabib Nurmagomedov (MMA).

Selain hasil pertandingan, Khabib juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan yang ingin menjadi sponsor ketika dirinya bertanding.

Meski begitu tak sembarangan perusahaan bisa kerja sama dengan Khabib. Sebagai muslim yang taat, Khabib menolak keras sponsor dengan tema judi, alkohol, hingga rokok.

Pada 2018, Khabib menjalin kerja sama dengan minuman energi asal Rusia, Gorilla dan dikontrak selama tiga tahun dengan nominal angka hingga Rp14,5 miliar (10 juta dolar AS).

Khabib juga melihat celah di akun media sosial Instagram pribadinya yang banyak diikuti oleh nerizen di berbagai negara. Hal ini juga menjadi sumber pemasukan.

Diketahui kalau iklan yang ingin menampilkan barang dagangannya di akun Instagram Khabib harus merogoh kocek hingga Rp68 juta (4700 dolar AS).

Khabib menjadi salah satu atlet yang disponsori oleh apparel olahraga Reebok sejak lama. Bahkan pada 2019 lalu, Khabib dan Reebok sepakat melanjutkan kerja sama.

Pada tahun yang sama pula Khabib menjalin kerja sama dengan Toyota. Lalu dirinya juga disponsori oleh Minyak Jintan Hitam Alhadaya (Kazakhstan) dan bank syariah SalamPay.

Khabib pun turut menjual buku autobiografinya dengan judul 'Khabib Time' yang dihargai sekitar Rp808 ribu (55 dolar AS) dalam situs Ebay.

Bahkan bukunya itu diterbitkan secara independen dan telah dicetak sebanyak 60 ribu salinan dalam bahasa Rusia. Kabarnya saat ini tengah dicetak dalam bahasa Inggris dan Turki.

Khabib memiliki bisnis lain, yakni dengan mendirikan klub MMA Eagles. Klub ini menjaring talenta berbakat seseorang jika benar-benar ingin menjadi petarung MMA.

Selain di Rusia, Khabib juga ingin membuka pusat kebugaran di London, Inggris, Abu-Dhabi, hingga Dubai. Khabib juga punya usaha grosir pakaian bernama Khabib Gym.

Melihat hasil di atas, lantas berapa total kekayaan Khabib secara bersih dan sebenarnya? Apalagi di masa mendatang kekayaan tersebut bisa berkurang ataupun bertambah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%