Saat 'Liverpool' Kandaskan 'Manchester United' di Dalam Penjara

Selasa, 2 Januari 2018 14:05 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© vice.com
Tim sepakbola yang berasal dari penjara di Uganda. Copyright: © vice.com
Tim sepakbola yang berasal dari penjara di Uganda.

Uganda, salah satu negara di kawasan Afrika Timur memiliki sebuah penjara yang kabarnya menampung lebih dari 8500 narapidana, penjara itu bernama penjara Luzira. Penjara ini merupakan satu-satunya penjara dengan level maksimul di Uganda. 

Di dalam penjara ini, vice.com (02/01/18) membuat sebuah video dokumenter yang mengisahkan adanya hiburan bagi ribun para napi ini yakni sepakbola. Lewat sepakbola, para napi yang rata-rata memiliki kasus pembunuhan dan perampokan ini coba untuk lupakan dosa dan hukuman mereka dengan bermain sepakbola. 

Laporan Ben Ferguson dari vice.com menunjukkan bahwa pertandingan sepakbola di penjara ini jadi aktifitas yang didukung oleh pengelola penjara. Bahkan tidak hanya bermain sepakbola asal-asalan, di penjara ini juga berlangsung kompetisi antara narapidana. 

© vice.com
Tim sepakbola yang berasal dari penjara di Uganda. Copyright: vice.comTim sepakbola yang berasal dari penjara di Uganda.

Yang menarik di kompetisi sepakbola ini, para napi yang berbeda blok ini menggunakan nama-nama klub raksasa Liga Inggris seperti Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan Chelsea. Dalam video vice.com yang berdurasi kurang dari 11 menit tersebut, kompetisi sepakbola antar napi itu berlangsung sangat seru. 

Semua narapidana yang ada di dalam penjara tersebut menonton pertandingan. Semua sisi lapangan terisi penuh para napi yang sangat antusias menonton pertandingan, sangat mirip dengan pertandingan tarkam di negeri ini. 

© vice.com
Tim sepakbola yang berasal dari penjara di Uganda. Copyright: vice.comTim sepakbola yang berasal dari penjara di Uganda.

Dengan perlengkapan seadanya, serta lapangan di penjara yang tidak sepenuhnya ada rumput, para napi yang bermain untuk Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan Chelsea memainkan pertandingan dengan sangat ketat. 

Di kompetisi tersebut, tim 'Manchester United' bertemu dengan 'Liverpool' di final kompetisi. Sempat tertunda karena hujan yang turun, tim 'Liverpool' akhirnya mengandaskan 'Manchester United' dengan skor tipis 1-0. 

© vice.com
Kompetisi sepakbola yang berlangsung di penjara Uganda. Copyright: vice.comKompetisi sepakbola yang berlangsung di penjara Uganda.

"Ada kegembiraan dari para napi ini saat mereka bisa menendang bola di lapangan. Hiburan yang sangat mewah bagi mereka yang berada di tempat yang begitu mengerikan ini," kata Ben Ferguson. 

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%