Komentator Pertandingan BWF Hadir di Indonesia Masters 2018, Siapa Dia?

Jumat, 26 Januari 2018 05:46 WIB
Penulis: Arif Yahya | Editor: Isman Fadil
© BWF
Komentator Bulutangkis. Copyright: © BWF
Komentator Bulutangkis.

Jika di sepakbola komentator terkenal adalah Jim Beglin atau Jon Champion, di bulutangkis punya Gillian Margaret Clark atau yang biasa dikenal dengan nama Oma Gill. Tentunya, para badminton lovers Indonesia sudah tahu dengan suara khas komentator wanita yang satu ini. Wanita yang lahir di Baghdad, Irak pada 2 September 1961 lalu ini memang menjadi komentator laga-laga bulutangkis dunia BWF khususnya kelas Superseries.

Dilansir dari akun Twitter, @DjarumBadminton, Oma Gill kedapatan sudah berada di Jakarta untuk meramaikan turnamen Indonesia Masters 2018 yang diselenggarakan di Istora Senayan, Selasa (23/01/18) sampai Minggu (28/01/18). Oma Gill sendiri sudah beberapa kali datang ke Indonesia untuk memandu pertandingan bulutangkis yang ditayangkan di televisi di berbagai dunia.

Gaya komentator Oma Gill yang khas dan unik banyak membuat penonton mampu merasakan antusiasme dan semangat saat menonton pertandingan di TV. Yang paling khas dan sangat lekat di telinga kita yakni saat terjadi rally panjang dan seru, ia akan berkata 'What a rally (Reli yang luar biasa)' atau 'I don't believe it! (saya tidak percaya itu)'.

© badmintonengland.co.uk
Mantan atlet bulutangkis Inggris, Gillian Margaret Clark. Copyright: badmintonengland.co.ukMantan atlet bulutangkis Inggris, Gillian Margaret Clark.

Selain itu, jika seorang pemain bulutangkismemberikan pukulan yang sangat kencang atau unik, Oma Gill akan berkata ‘Oh My Goodness (Oh ya ampun)’ juga ‘Unbelievable (Saya tidak percaya)’.

Sebagai informasi, kepiawaiannya menjadi komentator fenomenal pertandingan bulutangkis, tak lepas dari basic-nya yang memang atlet bulutangkis. Prestasi Oma Gill di dunia bulutangkis bisa dibilang cukup memuaskan selama aktif bermain di era 80-an.

Dia sempat turun di sektor ganda putri bersama Julie Bradbury di Olimpiade 1992 Barcelona, Spanyol, namun kalah di babak semifinal dari pasangan Korea Selatan. Selain di ganda putri, wanita berusia 56 tahun ini juga memiliki prestasi yang cukup apik di sektor ganda campuran. Oma Gill telah mengoleksi dua medali perunggu di Kejuaraan Dunia dan masing-masing ia dapatkan dari nomor ganda campuran dan putri.

Oma Gill juga pernah menjuarai Kejuaraan Dunia Eropa di nomor ganda putri selama tiga tahun berturut-turut. Sementara di nomor ganda campuran yang berpasangan dengan Steen Fladberg, Oma Gill berhasil memenangkan Kejuaraan Dunia Eropa sebanyak satu kali.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%