Tuai Kontroversi, Penjualan Nike Naik 31 Persen Pasca Penunjukan Colin Kaepernick

Rabu, 12 September 2018 17:04 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Nike
Colin Kaepernick berkolaborasi dengan Nike dalam kampanye 30 tahun Copyright: © Nike
Colin Kaepernick berkolaborasi dengan Nike dalam kampanye 30 tahun

INDOSPORT.COM – Kampanye 30 tahun Nike yang dibintangi Colin Kaepernick ternyata menuai kontroversi. Namun, di sisi lain perusahaan perlengkapan olahraga tersebut malah mengalami omzet yang melonjak naik.

Menurut Edison Trends, penjualan perusahaan yang memiliki slogan 'Just Do It’ ini meningkat selama hari Buruh Amerika, yakni sebanyak 31 persen dari 2 hingga 4 September 2018. Sedangkan selama Hari Buruh 2017, penjualan meningkat 17 persen.

Iklan Nike menampilkan Kaepernick yang mengatakan "Percaya pada sesuatu, bahkan jika itu berarti mengorbankan segalanya" dirilis pada 3 September, dan iklan tersebut diturunkan dua hari kemudian.

"Orang-orang mengatakan mimpi anda gila, jika mereka menertawakan apa yang anda pikir bisa anda lakukan, bagus. Tetap seperti itu. Karena apa yang orang-orang gagal pahami adalah bahwa memanggil mimpi gila bukanlah penghinaan, itu adalah pujian,” ujar Kaepernick dalam video tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Believe in something, even if it means sacrificing everything. #JustDoIt

A post shared by colin kaepernick (@kaepernick7) on

Dalam video itu juga turut menampilkan tokoh-tokoh olahraga inspiratif seperti Serena Williams dan LeBron James, seperti dilansir dari laman People.

Penunjukan gelandang NFL sebagai ikon iklan Nike menuai kecaman di Amerika Serikat. Itu tak lepas dari aksi sikapnya yang menolak berlutut selama lagu nasional kebangsaan Amerika Serikat dinyanyikan, saat aktif sebagai pemain American Football.

Hal ini dilakukannya sebagai bentuk protes akan ketidaksetaraan dan rasisme, serta sebagai protes kepada kasus polisi yang  kerap menembak pria kulit hitam.

Kampanye ini mendapat respons dari Presiden Donald Trump. Ia mengeluarkan komentar melalui akun twitter miliknya, dan juga mengecam tindakan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut di berbagai stasiun televisi.

“Apa yang dipikirkan oleh Nike?” tulis Trump.

Namun Nike tetap menilai sosok Kaepernick dalam sisi positif, mereka menyebutnya sebagai salah satu atlet yang menginspirasi.

Ikuti Terus Berita Sport dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%