Mengenal Sejarah Olahraga E-sports yang Telah Mendunia

Kamis, 7 Maret 2019 12:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
E-SPORTS Copyright: © INDOSPORT
E-SPORTS

INDOSPORT.COM -Semakin berkembangnya zaman, tentu banyak perubahan juga yang terjadi, salah satunya adalah olahraga modern yang tidak menggunakan fisik sebagai media utamanya, melainkan otak.

Ya, olahraga tersebut adalah electronics sports atau biasa dikenal dengan sebutan e-sports, di mana para pelakunya memainkan sejumlah game dan hampir dikatakan semua permainan elektronik pada masa kini bisa dikategorikan sebagai e-sports.

Kedengarannya memang aneh, namun harus diakui juga jika e-sports sudah masuk dalam dunia olahraga, bahkan sudah mulai dikompetisikan di berbagai Negara, termasuk kompetisi sebesar Asian Games 2018 kemarin.

Uniknya lagi, kompetisi e-sports juga diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Wajar saja, mengingat e-sports memang telah menjamur dalam beberapa tahun terakhir.

Belum lagi cukup banyak pihak penyelenggara kompetisi yang menyediakan hadiah uang yang sangat besar, mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

 Lalu, bagaimana sejarah dari game e-sports itu sendiri? Berikut INDOSPORT akan memaparkannya:

Sejarah Awal

© Reddit
Kompetisi E-Sports yang pertama kali digelar, yakni SpaceWars di tahun 1970-1980an. Copyright: RedditKompetisi E-Sports yang pertama kali digelar, yakni SpaceWars di tahun 1970-1980an.

Sejarah pertama kalinya e-sports beredar dimulai pada tahun 1972 hingga 1989 silam. Kala itu, kompetisi esports pertama dari video game yang digelar adalah game spacewar.

Game ini dikompetisikan pada tanggal 19 Oktober 1972 silam di Stanford University, California, Amerika Serikat.

Kompetisi e-sports tersebut nyatanya mengundang minat banyak orang dan pemenang pertamanya adalah Bruce Baumgart.

Kesuksesan kompetisi e-sports ini terus meluas hingga pada tahun 1980, kembali diselenggarakan oleh pihak Atari menggelar kejuaraan e-sports bernama The Space Invaders Championship.

Bayangkan, pada tahun tersebut kompetisi e-sports saat itu diikuti oleh lebih dari 10.000 orang di seluruh Amerika Serikat.

Sekedar informasi, kompetisi e-sports lainnya yang dipertandingkan selain Spacewars era tahun 1970-1980an adalah game Pacman dan Donkey Kong.

© TheVerge
Game e-sports Spacewars pada tahun 1970-1980an. Copyright: TheVergeGame e-sports Spacewars pada tahun 1970-1980an.

E-sports pun terus merajalela di awal tahun 80-an, karena kompetisi ini sampai ditayangkan acara televisi yang mencapai 133 episode.

Kala itu, kompetisi yang diadakan adalah para pemainnya akan berusaha keras mencapai skor tertinggi agar bisa dinobatkan sebagai pemenang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%