Begini Penyakit dan Gejala Autoimun, Penyakit yang Diderita Ibunda Mikha Tambayong

Jumat, 8 Maret 2019 10:35 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Internet
Ilustrasi Penyakit Autoimun Copyright: © Internet
Ilustrasi Penyakit Autoimun

INDOSPORT.COM - Kekasih pebasket Daniel Wenas, Mikha Tambayong, sedang dirundung duka setelah ibunya, Deva Malaihollo, dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (3/3/19) lalu. Sang ibunda diketahui menderita penyakit autoimun selama hampir setahun terakhir.

Dilansir dari Hellosehat.com, penyakit autoimun merupakan penyakit yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh (sistem imun) menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Penyakit ini berkembang saat imun tubuh mendeteksi sel sehat yang ada dalam tubuh sebagai zat asing.

Dampaknya, tubuh akan mulai memproduksi antibodi yang menyerang dan merusak sel sehat dalam tubuh. Penyebab pasti mengapa sistem imun bisa menyerang sel sehat dalam tubuh masih belum diketahui hingga kini.

Autoimun bisa mempengaruhi hampir semua organ tubuh. Penyakit ini bahkan juga bisa menyerang otak, saraf, otot, kulit, sendi, mata, jantung, paru-paru, ginjal, saluran pencernaan, kelenjar, serta pembuluh darah.

Terdapat 80 jenis penyakit autoimun, tapi hanya beberapa saja yang umum terjadi atau mungkin sering didengar, seperti diabetes tipe 1, rheumatoid arthritis (RA), psoriasis, multiple sclerosis, lupus, radang usus, myasthenia gravis, serta celiac.

Setiap penyakit autoimun menimbulkan gejala yang beragam. Hal ini lantaran sel-sel tubuh yang diserang lewat sistem kekebalan pada penyakit autoimun itu tidak selalu sama dan efeknya berbeda-beda tergantung dari jenis penyakitnya.

Misalnya pada multiple sclerosis, bagian tubuh yang diserang ialah sistem saraf pusat, sedangkan pada penyakit celiac bagian tubuh yang mengalami masalah yaitu saluran pencernaan.

Risiko seseorang yang mengalami penyakit autoimun umumnya juga tidak selalu sama. Jenis kelamin, lingkungan, hingga keturunan, merupakan beberapa faktor yang turut menentukan kambuhnya penyakit autoimun.

Mary J. Shomon, seorang penulis buku berjudul Living Well With Autoimmune Disease: What Your Doctor Doesn’t Tell You That You Need to Know, mengungkapkan bahwa mesk sering kali terlihat cukup parah dan tergolong kronis, tetapi sebetulnya dampak penyakit autoimun ini tidak fatal.

Akan tetapi sama halnya dengan jenis penyakit lain, efek autoimun pada tubuh tidak main-main. Bahkan bisa sampai membuat pengidapnya merasa tidak mampu untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Apabila kemudian ditemukan kasus kematian yang disebabkan autoimun, seperti yang diderita oleh Ibunda Mikha Tambayong, maka kondisi itu amat tergantung dari kesehatan serta tingkat keparahan penyakit yang dialami penderita.

Ikuti Terus Berita Sportainment dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

PENULIS: Neneng Astrianti

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%