Cegah Kecanduan Game PUBG, India Resmi Buat Batasan Waktu Main

Selasa, 26 Maret 2019 11:11 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© WallpaperCave
Game e-sports PUBG. Copyright: © WallpaperCave
Game e-sports PUBG.

INDOSPORT.COM – Pihak PUBG telah menciptakan fitur khusus agar bisa membatasi waktu bermain bagi para penggemarnya, yaitu hanya bisa bermain tak lebih dari 10 jam.

Sebelum adanya wacana game PUBG haram dari MUI, beberapa negara lainya ternyata juga telah mengeluarkan larangan untuk dapat bermain game tersebut, salah satunya adalah India.

Game tersebut dianggap dapat memberikan efek candu dan bisa memberikan dampak negatif terhadap mental bagi para pemainnya.

Pihak PUBG langsung bertindak agar mereka tidak lagi terkena sanksi. Salah satunya membentuk push notification berisi batasan waktu bermain maksimal dalam sehari.

Tencent, pengembang PUBG alias Player Unknown's Battlegrounds akan membuat fitur khusus. Rencananya Tencent akan memperkenalkan fitur baru bagi pecandu PUBG agar waktu bermainnya dapat dibatasi.

Setelah fitur ini terpasang, pemain PUBG hanya bisa bermain dengan durasi waktu enam jam saja.

© IN-Tech
Menembak, Salah satu cabang olahraga yang ada dalam game PUBG Copyright: IN-TechMenembak, Salah satu cabang olahraga yang ada dalam game PUBG

Alat baru ini telah diuji coba di India sejak 21 Maret 2019. Pemerintah India mengatakan bahwa permainan PUBG mobile dapat membuat pemainnya menjadi kecanduan.

Para pemain akan mendapatkan pesan peringatan terkait waktu bermain ketika melakukan proses login di akun masing-masing, kemudian pesan tersebut akan muncul lagi saat pemain telah bermain PUBG Mobile selama enam jam, di hari yang sama.

Jika pemain sudah melewati batas waktu tersebut, maka aplikasi PUBG Mobile akan tertutup secara otomatis dan baru bisa kembali melakukan login di hari berikutnya.

fitur tersebut memang secara sengaja dibuat oleh pihak Tencent supaya game PUBG Mobile tetap bisa dimainkan secara sehat dan bertanggung jawab bagi para pemainnya.

Ikuti terus berita e-Sport dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

Penulis: Risto Risanto

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%