PUBG Haram? Coki Pardede dan Tretan Muslim Buka Suara

Rabu, 27 Maret 2019 09:28 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© Youtube/MLI Gaming
Komika Coki Pardede dan Tretan Muslim Copyright: © Youtube/MLI Gaming
Komika Coki Pardede dan Tretan Muslim

INDOSPORT.COM – Duo stand up comedy (komika) Coki Pardede dan Tretan Muslim buka suara soal wacana pemberian fatwa haram terhadap gim eSports Player Unknown's Battlegrounds (PUBG).

Wacana fatwa haram PUBG dilontarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) diduga setelah insiden penembakan brutal yang terjadi di Christchurch, Selandia Baru.

Coki berharap MUI mempertimbangkan kembali pemberian fatwa haram kepada gim PUBG. Ia menilai gim tidak ada hubungannya dengan terorisme dan tidak semata menyebabkan terorisme.

“Game tidak membuat kita ingin jadi teroris, kan kita punya akal sehat yang bisa jadi filter utama kita, untuk menentukan mana yang baik yang kita ambil,” ujar Coki melalui video yang diunggah kanal MLI Gaming.

Ia turut menilai peran orangtua penting dalam memantau dan mengontrol gim yang dimainkan oleh anaknya. Komika yang juga penyiar radio ini menyayangkan jangan sampai kesalahan satu dua orang bisa berdampak kepada pemain gim (gamer) lain.

“Kenapa gara-gara satu, dua, tiga orangtua malas (mengontrol anaknya), yang buntung jadi satu Indonesia jadi kena haram (PUBG)?” ujarnya.

Sementara itu, Tretan Muslim menilai tidak semua orang merasa ingin melakukan aksi pembunuhan ketika memainkan gim yang berbau kekerasan.

Muslim menyayangkan kenapa PUBG diharamkan, sementara ada banyak gim yang berbau kekerasan seperti Counter Strike, Mortal Combat, dan Grand Theft Auto (GTA).

MUI telah mengkaji terkait fenomena gim yang mengandung kekerasan. MUI ikut menggandeng Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Kementerian Kominfo, Kantor Staf Kepresidenan, Asosiasi eSport Indonesia, hingga psikolog.

Ikuti Terus Berita eSports dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%