Bikin Kaget, ini Olahraga Kegemaran Jokowi dan Prabowo Jelang Pilpres

Jumat, 12 April 2019 17:54 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Istimewa
Hanifan Yudani membuat Jokowi dan Prabowo berpelukan di ajang Asian Games 2018. Copyright: © Istimewa
Hanifan Yudani membuat Jokowi dan Prabowo berpelukan di ajang Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Bikin Kaget, ternyata olahraga ini menjadi Kegemaran dua calon presiden Jokowi dan Prabowo yang bakal bersaing di Pilpres 2019 mendatang, apa saja itu?

Olahraga memang sering menjadi topik pembahasan para capres dan cawapres jelang Pilpres 2019 ini, bahkan salah satu cawapres, Sandiaga Uno pernah menganjurkan rakyat Indonesia berolahraga setiap hari untuk mencegah terserang penyakit.

"Mulai upaya preventif promotif 22 menit berolahraga setiap harinya," ujarnya, pada Minggu (17/03/19) lalu. Tak hanya Sandiaga, ternyata kedua bakal calon presiden Indonesia periode 2019-2025, Jokowi dan Prabowo juga gemar melakukan aktivitas olahraga.

Dalam beberapa kesempatan dan dari berita yang tersiar, sempat terlihat kedua calon presiden tersebut menyempatkan waktu luang untuk melakukan olahraga kesukaannya.

Lantas olahraga apa sajakah olahraga yang kerap dilakukan Jokowi dan Prabowo disela-sela waktu luang mereka. Berikut INDOSPORT.com coba merangkum berbagai jenis olahraga ala Jokowi dan Prabowo jelang Pilpres 2019.

Jokowi (Joko Widodo)
1. Basket

Pada akhir pekan, Sabtu (12/05/18) lalu, Jokowi sempat terlihat membagikan momennya saat bermain Basket. Terlihat, presiden ke-7 Republik Indonesia itu juga memakai jaket yang bergambar Asian Games berwarna merah.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Disebutkan jika Jokowi bakal bermain basket bersama para pemain Developmental Basketball League. Dirinya pun mengaku telah cukup lama tak bermain olahraga bola tangan ini, terakhir kali ia memegang bola basket saat masih mahasiswa semester 4.

2. Sepeda
Sepeda juga menjadi olahraga rutin presiden kelahiran Solo, Jawa Tengah ini nih. Dibeberapa kesempatan Jokowi juga terlihat bersepeda.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTJokowi Saat Bersepeda Bersama Jorge Lorenzo

Saat menyambut kedatangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, pada Jumat (17/01/14) lalu. Selain itu, saat berada di kawasan Istana Bogor, presiden yang selalu terlihat kalem saat berbicara ini juga suka bersepeda keliling istana.

3. Tinju
Ini yang paling mengejutkan dari semua olahraga yang pernah dilakukan Presiden Jokowi. Ya, Tinju menjadi olahraga yang juga pernah digeluti oleh presiden yang bertubuh kurus ini.

Aksi Jokowi saat bermain Tinju juga dituangkan di sebuah vlog dalam channel YouTube miliknya yang berdurasi selama dua menit.  Jokowi, dilatih langsung oleh Abet, petinju professional dari Pertina Bogor.

Di videonya, Jokowi menyebut jika Tinju itu berat. “ Main Tinju itu, aduh, berat! Berat, berat, berat! Capek dan memerlukan sebuah ketahanan fisik yang tinggi sekali,” ujar Jokowi sambil menghela nafas.

Prabowo (Prabowo Subianto)
1. Berkuda

Mantan Panglima Pangkostrad tersebut memang sangat gemar berkuda, bahkan dalam salah satu video di akun Facebook Prabowo Subianto yang diunggah pada Selasa (19/6/2018) lalu, Prabowo menjelaskan bahwa dulu semua pemimpin harus bisa menunggang kuda.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo) on

"Pengalaman saya soal olahraga menunggang kuda, dari dulu semua pemimpin bisa menunggang kuda, karena menunggang kuda itu sarana kerjasama antara manusia dan binatang, kuda itu kan tidak bisa bahasa manusia, itu sebagai bukti sarana kepemimpinan" ujarnya.

2. Sepeda
Selain berkuda, Prabowo juga gemar mengayuh sepeda. bahkan saat acara Milad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bulan April 2018 lalu, Prabowo terlihat bersama Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman mengendarai sepeda bersama dari DPP Gerindra di Ragunan ke kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo) on

3. Silat
Untuk olahraga yang satu ini, Prabowo tak cuma menggemari melainkan menjadi orang penting yang mengetuai Ikatan Pencak Silat Indonesia atau (IPSI).

© Istimewa
Prabowo Subianto menerima kujang. Copyright: IstimewaPrabowo Subianto menerima kujang.

Selain menjadi Ketua Umum IPSI, Prabowo juga mengemban jabatan penting sebagai Presiden dari organisasi bernama Persilat, Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa, organisasi internasional untuk Pencak Silat.

Itulah beberapa olahraga kegemaran para capres Indonesia periode 2019-2025 mendatang, dengan segudang pengalaman dan hobi di bidang olahraga, siapapun yang memimpin Indonesia dipastikan bakal memberi dampak positif bagi dunia olah tubuh di Tanah Air.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Tips Bugar dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%