Setelah Nepal, Irak Haramkan Game PUBG

Selasa, 16 April 2019 13:22 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Lanjar Wiratri
© Moneycontrol
Game PUBG yang kini mendapatkan banyak larangan di berbagai negara. Copyright: © Moneycontrol
Game PUBG yang kini mendapatkan banyak larangan di berbagai negara.

INDOSPORT.COM – Parlemen Irak dikabarkan akan memblokir game online PUBG Mobile menyusul potensi kecanduan dan perilaku kekerasan pada generasi mudanya. Hal ini sebelumnya telah dilakukan oleh salah satu negara Asia lainnya, Nepal.

Komite parlemen bidang kebudayaan Irak telah mengusulkan pemblokiran game first-person shooting (FPS) tersebut lewat rancangan undang-undang yang sudah diajukan pada Sabtu kemarin (13/04/19).

“Kami mengkhawatirkan tindak kekerasan dari pemain PUBG, terutama anak-anak dan remaja, dalam kehidupan sehari-hari. Pengaruh tersebut sudah menyebar cepat di negara kami,” ujar ketua komite parlemen kebudayaan Irak, Sameaa Gullab, dilansir dari situs berita News18.

Tidak hanya itu, pada 2018 pun, media Irak pernah memberitakan insiden bunuh diri dan perceraian yang ada hubungannya dengan PUBG Mobile.

Sementara itu, Nepal sudah lebih dulu memblokir akses PUBG di negara tersebut. Menurut Kepala Polisi Nepal, Dhiraj Pratap Singh, mereka menerima delapan surat dari sekolah dan 25 sisanya dari para orang tua terkait kekerasan dan kecanduan PUBG pada Maret 2019.

Hal tersebut kemudian menjadi dasar keputusan akhir pemerintah Nepal memblokir permainan yang dirilis pada 23 Maret 2017 itu.

Menurut salah satu sumber dari India, game tersebut juga telah membuat anak-anak sekolah meninggalkan tugasnya sebagai pelajar karena sibuk bermain PUBG.

Ikuti Berita Olahraga dan Sportainment Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%