4 Aksi Rasisme yang Diberikan oleh Fans Chelsea

Rabu, 17 April 2019 10:38 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas | Editor: Yohanes Ishak
© Reuters
Fans Chelsea Terkenal Akan Aksi Rasisnya Dalam Kurun Waktu 4 Tahun Terakhir Copyright: © Reuters
Fans Chelsea Terkenal Akan Aksi Rasisnya Dalam Kurun Waktu 4 Tahun Terakhir

INDOSPORT.COM - Rasisme menjadi isu terhangat akhir-akhir ini dalam dunia sepak bola. Setelah beredarnya video fans Chelsea yang menyanyikan chants rasis terhadap penyerang Liverpool, Mohamed Salah. Hal ini membuat semua pihak mengecam aksi tersebut.

Banyak pihak menyebut aksi rasis dalam sepak bola sebagai masalah sosial dan dianggap sebagai musuh bersama. Namun nampaknya hal ini kini menjadi problem tersendiri bagi Chelsea. Adalah fans mereka yang menyebabkan nama klub menjadi tercoreng setidaknya dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Berikut beberapa aksi rasis fans Chelsea baik terhadap pemain, suporter lawan, hingga masyarakat umum yang dirangkum oleh berita sports,The Sun.

  1. Fans Chelsea melarang orang berkulit hitam masuk kereta di Paris, Prancis kala The Blues bertandang ke markas Paris Saint Germain dalam lanjutan Liga Champions 2015.
2. Fans Chelsea meneriaki bintang Manchester City, Raheem Sterling, dalam lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge

3. Banner fans Chelsea yang dibawa ke Hungaria kala melawan Vidi pada lanjutan Liga Europa 2018/19. Banner dengan simbol 'SS-Totenkopf' yang merupakan kumpulan penjaga kamp konsentrasi dan juga salah satu dari 38 divisi pasukan elit Jerman. Banner tersebut dianggap menghina orang-orang Yahudi yang keluarganya terbunuh pada perang dunia kedua.

4. Fans Chelsea dengan chants rasis yang mengarah pada penyerang Liverpool, Mohamed Salah, dengan menyebutnya teroris. Aksi ini dianggap oleh sebagian orang sebagai 'Islamophobia'.

Dengan kejadian-kejadian tersebut, Chelsea berada dalam masalah genting yang berkaitan dengan aksi rasisme. Kumpulan fansnya menjadi sorotan akibat tindakan yang menyalahi moral tersebut.

Setidaknya, The Blues harus bertindak lebih tegas kepada fansnya agar aksi seperti ini tidak terulang kembali di masa depan.

Bagi fans Chelsea, ini menjadi alarm bahwa rasisme yang berada pada lingkungan mereka harus segera di musnahkan dari sepak bola. Setidaknya ingatlah, bahwa klub pujaan mereka mempunyai pemain berkulit hitam, pemain muslim dan bahkan pemilik The Blues, Roman Abramovich, berdarah Yahudi.

Terus Ikuti Berita Sportainment Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%