Termasuk George Weah, 3 Atlet Dunia Ini Bisa Jadi Presiden

Rabu, 17 April 2019 16:33 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Presiden Liberia, George Weah, tampil dalam laga persahabatan. Copyright: © Getty Images
Presiden Liberia, George Weah, tampil dalam laga persahabatan.

INDOSPORT.COM - Tepat hari ini, Rabu (17/04/19) rakyat Indonesia tengah menyambut pesta demokrasi untuk memilih wakil rakyat di tingkat legislatif dan Presiden-Wakil Presiden untuk periode 2019-2024.

Hari pemungutan suara Pemilu 2019 pun digelar secara serentak pada tahun ini. Nantinya, setiap pemilih bakal mendapatkan 5 surat suara untuk memilih presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Di balik semaraknya momen Pemilu atau Pemilihan Umum 2019 saat ini, rupanya ada segelintir dari mantan atlet yang usai pensiun kemudian menapaki karier di dunia politik.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT telah merangkum 3 atlet dunia yang berhasil menjadi presiden. 

1. George Weah

Pemilik nama lengkap George Manneh Oppong Ousman Weah merupakan seorang mantan bintang sepak bola dunia yang kini tengah menjabat sebagai Presiden Liberia ke-25. 

Saat masih menjadi pesepakbola, Weah dikenal sebagai salah satu penyerang terhebat di dunia dengan membela klub papan atas Eropa yakni klub Paris Saint-Germain (PSG) dan AC Milan, sebelum akhirnya menyudahi kariernya di Inggris dengan bermain untuk Chelsea dan Manchester City.

Menghabiskan karier paling banyak di AC Milan, Weah mampu membantu klub Rossoneri meraih scudetto Serie A pada 1995-1996 dan 1998-1999. 

Bahkan, pria yang kini berusia 52 tahun tersebut merupakan satu-satunya pesebakbola Afrika yang meraih gelar pemain terbaik dunia (World Player of the Year) FIFA dan penghargaan bergengsi Ballon D'Or.

Singkat cerita, Weah mulai terjun ke dunia politik usai pensiun dari sepak bola pada 2002. Kemudian dalam pemilihan tahun 2005, Weah mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri menjadi Presiden Liberia dengan membentuk partai bernama Koalisi Perubahan Demokratik untuk mendukung pencalonannya.

Namun, eks bintang AC Milan itu baru bisa dilantik serta menjabat sebagai Presiden Liberia pada Senin (22/01/18) lalu. Bersama wakilnya Jewel Taylor, Weah menggantikan Ellen Johnson Sirleaf, presiden perempuan pertama yang terpilih secara langsung dalam pemilu demokratis pertama Liberia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%