Waduh, Masa Depan eSports di Olimpiade 2020 Belum Terlihat Jelas

Jumat, 21 Juni 2019 13:12 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti, Tempo.co | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Indosport.com
Masa depan eSports di Olimpiade 2020 belum menemukan titik temu. Copyright: © Indosport.com
Masa depan eSports di Olimpiade 2020 belum menemukan titik temu.

INDOSPORT.COM – Meski telah resmi menjadi salah satu bagian dari cabang olahraga, namun masa depan dunia eSports di Olimpiade Tokyo 2020 belum terlihat jelas.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) belum memberikan lampu hijau untuk mengenalkan cabang olahraga baru di kancah pesta olahraga internasional seperti Olimpiade 2020 mendatang.

Padahal panitia Olimpiade Paris 2024 sempat menyatakan akan menimbang untuk menyertakan e-Sports agar bisa memperebutkan medali. Namun, restu dari IOC belum muncul.

IOC dinilai masih ragu untuk menyertakan eSports dalam turnamen olahraga empat tahunan itu. Sebab, mereka beranggapan bahwa game-game yang biasa dipertandingkan, seperti Clash Royale, League of Legends, juga Arena of Valor, dinilai mengandung kekerasan.

Hal ini membuat IOC berpikir ulang dan menegaskan bahwa mereka perlu melakukan studi lanjutan sebelum menyertakan cabang itu untuk memperebutkan medali Olimpiade.

Bos perusahaan teknologi terkemuka, Intel, Scott Gillingham mengatakan bahwa ia dan pihak IOC telah bertemu untuk mendiskusikan masalah ini. Namun kedua belah pihak menyatakan belum ada hasil kongkrit dari pertemuan tersebut.

"Kami membuka diri dan kami bicara dengan IOC agar mereka bisa mengerti apa eSports dan apa potensinya. Tapi, keputusan sepenuhnya ada di tangan mereka," kata Gillingham.

Di sisi lain, e-Sports sudah ditampilkan sebagai cabang eksibisi di Asian Games 2018 lalu dan akan resmi dipertandingkan untuk memperebutkan medali di Asian Games 2022 yang akan berlangsung di China. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%